Sabtu, 08 Oktober 2016

BODOH Itu Butuh Mental yang Kuat


Selamat malam minggu, setelah pusing ngurusin revisian dan beberapa tugas yang gak pernah gue kerjain akhirnya gue inisiatif curhat (lagi) di mari.
Maafkeun yes, gue emang hobinya curhat muluk.

Gak kerasa udah menginjak semester ke 5 gue menjadi orang bodoh diantara orang-orang yang pinter, menjadi warna abu-abu diantara warna-warni, menjadi orang yang tuli disaat Dosen menjelaskan, menjadi orang yang buta disaat Dosen menulis di Kelas, dan menjadi orang yang bisu disaat Dosen bertanya.
Yep! 2 tahun lebih gue menjadi orang yang aneh dan saat ini gue merasa berada di titik dimana gue benar-benar lelah menjadi orang bodoh.

Well, itu kenapa gue menulis judul postingan kali ini adalah 'Bodoh itu butuh mental yang kuat' karena gue sendiri udah lelah, malu, capek bin muak menjalani ini semua.
Bagi lo yang udah pernah membaca postingan-postingan gue sebelumnya pasti tau keadaan gue saat ini. Yep! Gue adalah mahasiswi salah jurusan yang maksa banget kepengen bisa, yang akhirnya gue sendiri lelah dan gak kuat mental menjalani ini semua.

Gue mulai tersadar ternyata mental gue belum cukup kuat untuk menjalani semua, ternyata jadi orang bodoh itu melelahkan, jadi orang bodoh itu harus memiliki hati yang lapang, jadi orang bodoh itu butuh mental yang kuat, jadi bodoh itu butuh banyak tenaga, dan jadi orang bodoh itu butuh pacar yang siaga... (Lah?)

Jadi ceritanya, beberapa kali praktikum gue selalu dikucilkan... Emmh... gak cuma praktikum ternyata, pun di kelas gue susah cari temen kelompok. Kenapa? Karna gue bau badan? Karna gue congek-an? Ternyata bukan, melainkan karna gue ini bodoh. Siapa yang mau berkelompok dengan orang bodoh? Nggak ada, semuanya pasti milih sekelompok dengan orang yang pinter. Lalu gimana caranya orang yang bodoh kayak gue ini bisa jadi pinter? Gue pun bertanya kepada jarum pentul yang gue pake... Dan doi gak jawab...

Hmm... Buat kalian yang baru baca dan udah pernah baca postingan sebelumnya, setelah di 'bodohi' (bukan ditipu) sama temen di kelas gue jadi mulai malas dan titik terparah adalah gue jadi males kuliah. Yep! Dulu saat awal semester walaupun gue bodoh, gue selalu mencoba kerjain tugas-tugas itu dan meminta temen buat ajarin. Berbeda dengan sekarang, setelah lama gue menjadi mahasiswi tak kasat mata, gue jadi males banget ngerjain tugas terlebih dengan orang-orang yang pinter. Kenapa? Ya itu tadi, gue selalu menjadi mahasiswi tak kasat mata.

'Mahasiswi tak kasat mata' itulah yang cocok dengan sebutan gue saat ini, gue adalah sosok mahasiswi yang gak pernah diinginkan oleh siapapun yang sekelompok sama gue. Gue pun mulai lelah, mental gue pun melemah, rasa PD gue pun buyar ntah kemana...

Apakah ini yang dirasakan orang salah jurusan di luar sana? Karena selama ini gue gak pernah mengalami menjadi orang terbodoh di kelas, walau pun gue gak se jenius Einstein seenggaknya gue bisa kerjain apa yang ditanyain di kelas. Walaupun pengetahuan gue gak luas banget, seenggaknya gue kalo ngobrol sama siapapun selalu nyambung (kecuali matkul diluar akuntansi), maksudnya gue masih bisa ngikutin obrolan tentang perkembangan ekonomi dunia, berita yang lagi hits, politik walaupun secuil, masakan, dll.

Apa sih, Dok yang bikin lo jadi gak kuat?
Ya, yang seperti gue bilang diatas itu. Gue capek diremehin terus, gue capek dikucilin, gue juga capek gak ada temen. Apa gue harus pinter dulu baru bisa ada temennya? Gue baru paham kalo kayak gitu caranya ternyata manusia 'menjilat' itu habitatnya udah ada sejak jaman di bangku kuliah. Iyep! Gak heran di dunia kerja juga orang penjilat berserakan dimana-mana.

So, gue saat ini jadi mikir gimana caranya orang-orang di luar sana yang posisinya kayak gue gini mau pinter kalo temen aja gak punya? Kalo mencoba berbaur aja kaga diliat? Apakah harus kursus di luar? Orang yang banyak kerjaan kayak gue gini mendingan out aja daripada tambah ribet.

Gue gak tau ntah gue yang lagi sensi karna lagi banyak revisian, dan bisnis yang lagi terombang ambing atau emang ini adalah batas mental gue jadi orang bodoh... Gue gak paham... Yang jelas, gue udah lelah banget berada di zona kayak gini. Buat lo yang gak pernah ngerasain mungkin bakal bilang gue lebay, tapi yang lagi ngerasain pasti bakal bilang 'ih gue banget'.

Terakhir, gue gak bakalan banyak cingcong lah kali ini, intinya gue bingung kenapa orang pinter males temenan sama yang bodoh? Apakah tanpa orang bodoh bakal ada orang pinter? Terus apa dong yang harus si bodoh lakuin sekarang? Apa harus minder? Apa harus keluar dan kembali kejalan yang benar? Apa harus pacarin Dosennya? Apa harus tanya kepada rumput yang bergoyang jawaban nya apa?

Hmm...
Pesan untuk yang pinter:
Kalo lo ngerasa pinter, coba lah ajarin yang bodoh bukan malah ngejauhin atau ngucilin.
Berteman sama yang bodoh gak bakalan jadiin lo bodoh, kalo lo mau ngajarin si bodoh pasti lo bakalan makin pinter karna ilmu semakin dibagiin itu semakin bertambah. Bukan berkurang...
Jangan meremehkan si bodoh, mereka belum tentu bodoh dalam hal apapun, mereka memang bodoh di matakuliah tapi apakah mereka bodoh dalam dunia luar akademik? Belum tentu.
Apa lo ngerasa orang bodoh itu gak ada masa depannya? Belum tentu, justru yang sombong masa depannya suram.


Pesan untuk yang bodoh:
Kalo ngerasa salah jurusan dan tetep mau berjuang sok silahkan perjuangin ya, siapkan mental yang kuat.
Kalo emang kayak gue udah males gini, jalanin apa adanya dan terus gali apa yang lo sukain. In sya Allah, lo bakalan sukses di jalur yang berbeda.
Inget! Yang bikin lo sukses bukan orang lain, melainkan diri sendiri.
Inget! Parameter pinter itu gak cuma dari segi akademik, tapi juga sosialisasi dan ilmu luar.
Udah sih gak banyak pesennya, yang penting tetep semangat pantang mundur walaupun direndahin banyak orang.

Mboh...Mau ngomong apa lagi udah bingung gue.
Yang jelas walaupun gue gak pernah dijawab kalo nanya sama temen sekelompok, at least gue udah berusaha untuk mau tau. So, kalo tanggepan gak positif ya wassalam aja lah buat semuanya. Hehe

Pesan untuk kita semua

Yes! I am...

Soon... Lagi belajar jadi Boss..

Segitu aja dulu curhatan kali ini...
Sampai jumpa di postingan selanjutnya...
Muah muah...

Salam,
Kodok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar