Rabu, 15 Juni 2016

Alasan Gue Pilih Jadi Wirausaha


Tengah malem gini masih banyak banget yang gue pikirin, padahal kalo diinget-inget 15 tahun yang lalu jam segini gue pasti lagi tidur di ranjang yang butut beralas kasur yang gak seberapa empuk dengan tambalan sana sini di bagian kasur sampe kalo gue bangun beberapa kapuk nempel di mulut gue karena gue yang suka ngeces, belum lagi kelambu dengan hitam pekat karna jarang di cuci yang biasa gue pake untuk menyelamatkan tubuh gue yang kurus kering ini dari serangan nyamuk terkutuk.

Yaa... Dulu dengan sekarang sangat jauuuuhhh berbeda, keadaan gue yang naik beberapa level dari yang tadinya cuma tau layar tancep sampe bisa ngerasain nonton di bioskop, dari yang cuma ngandelin Tv tetangga sampe punya leptop buat streaming-an, dari yang awalnya gak berani mimpi sampe sekarang jadi si pemimpi.

Gue gak ngerti sejak kapan gue jadi pemimpi seperti saat ini, yang gue inget jaman EsDe dulu gue gak pernah punya impian, boro-boro pengen ini itu kayak orang lain, bayanginnya aja rasanya gue gak sanggup. Yang gue inget Nenek gue cuma bilang kudu pake topi toga, padahal gue gak pernah kebayang bisa sekolah sampe SMA apa lagi sekolah di Kota Besar.

Dari kecil kalo ditanya cita-cita gue pengen jadi apa, gue cuma jawab jadi Dokter, padahal cuma biar ada jawaban aja aslinya mah auk ah elap gue kaga pernah ngimpi. Apa lah yang bisa gue harepin dari keluarga gue yang berantakan, gak pernah dalam asuhan orang tua, hidup juga semaunya, yang gue tau cuma makan dan berangkat sekolah. Lulus pun dengan nilai seadanya.

Sekarang....

Perubahan hingga saat ini adalah berawal dari gue sekolah SMA di Kota Tangerang, meskipun awalnya gue selalu di hina gak bakalan kuat sekolah di kota tapi gue ternyata bisa buktiin ke 'mereka' yang mencibir gue secara terang-terangan kalo gue BISA menjalani sekolah gue dengan prestasi yang lumayan serta pengalaman segudang.

Tiga tahun berlalu membuat gue banyak belajar tentang apa artinya cita-cita, harapan, serta impian. Gue semakin berfikir, tentang pentingnya harapan untuk masa depan. Lulus SMA gue ternyata tidak ditakdirkan untuk kuliah, akhirnya gue bekerja sebagai Staff Admin di salah satu Perusahaan Konsultan Geoteknik.

Kerja ternyata gak enak, ngikutin semua apa kata telunjuk orang, di jadikan keset oleh atasan, dimaki kalo gak bisa ngelakuin hal yang mereka inginkan. Hmm gak jarang gue nangis gara-gara gue disepelekan hanya karna gue gak kuliah. Dunia kerja sangat keras, beruntung gue punya Allah yang selalu nguatin gue saat itu hingga bisa melunasi rumah untuk tempat tinggal keluarga gue.

Empat tahun sudah gue lewati dengan segala keluh kesah, peluh serta air mata yang mengselalu menghiasi gue setiap hari yang membuat gue belajar lebih dalam (lagi) tentang apa itu survive dengan segala kekurangan serta kelemahan gue. Gue lelah~~~ Gue lelah jadi pegawai~ Gue capek jadi babu kantor~ Akhirnya gue memutuskan untuk menjadi BOSS...

2013

4 tahun setelah kelulusan gue dari SMK, gue memutuskan untuk hijrah ke Jogja. Gue pengen seperti orang lain, yang memiliki hidup normal, menikmati masa remaja hingga dewasa sebagai mana mestinya.

Dari semua cerita diatas adalah sebagai gambaran alasan gue menjadi wirausahawan. Dari mulai 2010 gue udah nyoba jualan lewat online padahal waktu itu masih belum banyak yang melek tentang jualan online, gak seperti sekarang jualan online udah sangat menjamur. Setelah hasil yang cukup lumayan gue memutuskan untuk fokus jualan serta menjadi mahasiswa dan pensiun menjadi karyawan.

Alasan Gue Pilih Jadi Wirausaha

1. Memiliki Kebebasan Waktu

Jadi wirausaha itu gak perlu ngelakuin rutinitas pergi kerja jam 8 pagi sampe jam 5 sore setiap harinya, wirausaha bebas mau ngapain aja, kemana, bahkan bebas mau jungkir balik tengah empang. Alasan terkuat gue adalah gue bebas mau ibadah kapan aja, misal shalat Dhuha dengan tenang, shalat wajib tepat waktu tanpa harus ngerasa gak enak sama partner kerja maupun Boss.
Ya.. Intinya gue punya waktu lebih banyak buat Tuhan dan juga keluarga tanpa perlu merugikan orang lain.

2. Bebas financial
Gue bisa mengatur penghasilan gue berapapun yang gue mau. Gak seperti karyawan yang penghasilannya segitu-gitu aja walaupun jungkir balik sampe botak yaa memang gajinya segitu, paling mentok bakalan dikasih THR, Bonus akhir tahun dan lemburan.
Kalo wirausaha? Gue bisa nentuin mau dapet gaji berapa. Semua bisa diatur, tinggal jungkir balik aja gimana caranya naikin profit setiap bulannya.

3. Enggak disuruh-suruh
Gue kurang suka kalo disuruh-suruh orang lain, ngikutin setiap arahan telunjuk orang lain itu hal yang enggak enak menurut gue. Terlebih dulu gue di kantor selalu disuruh-suruh dengan tugas yang gak masuk akal. Yaa.. Gue lulusan akuntansi tapi disuruh ngerjain tugas para engineer. Bikin gue gak nyaman.
Kalo gue jadi wirausaha, gue gak bakal nemuin lagi hal begituan.

4. Bermanfaat Bagi Orang Lain
Kalo suatu saat nanti usaha gue udah berkembang, gue juga bakalan bisa bantu orang lain yang membutuhkan kerjaan, gue juga bakalan banyak berbagi walau otak gue gak jenius gue bakalan membagikan semua pengalaman yang gue dapatkan. Yaa.. Berbagi gak harus ilmu mata kuliah kok, gue percaya segala ilmu itu berguna.

Itu lah beberapa alasan gue kenapa gue kepengen jadi wirausaha. Gue yakin dengan kerja keras gue saat ini bakalan membuahkan hasil yang gak mengecewakan. Gue bekerja keras saat ini karena gue nyadar, gue gak punya ternak Tuyul yang tiap harinya tinggal nunggu setoran. Hahaha

Yep! Segitu aja curhatan gue kali ini, semoga buat lo yang lagi bimbang pengen kerja atau jadi pengusaha jadi gak bimbang lagi ya.

Semua keputusan itu baik, asal fokus.

Salam,
Kodok

2 komentar:

  1. Keren kak.
    Gua juga mau berwirausaha supaya dapat banyak waktu untuk beribadah kalo nanti punya kaeluaergha :-D
    Haha
    Mangatttt

    BalasHapus