Senin, 11 April 2016

Mereka Ada Di Sekitar Kita

Assalamu'alaikum
Selamat Pagi semuanya (Nulis postingan ini kebetulan tengah malem)

Lagi-lagi gue gak sempet nulis (padahal males) tapi kali ini serius, gue lagi banyak orderan (Alhamdulillah) sehingga gue gak pernah sempet nulis karena otak gue mumet sama stock yang gue jual dan beberapa karyawan gue yang juga ikut stress.

Mulai dari postingan ini gue bakalan sempetin lagi, lagi, dan lagi buat update blog gue. Doain aja semoga usaha gue selalu lancar. Tapi gais, jangankan nulis blog tugas gue aja ngejogrok gak ada satupun yang gue kerjain sebelum deadline besok paginya. Hahaha (Ga usah ditiru)
Intinya gue kangen nulis, gue kangen curhat di mari walaupun kaga ada yang baca.

Udah cukup sekian intermezonya. Gue mau lanjutin maksud dari gue nulis saat ini.
'Mereka ada di sekitar kita', Siapa sih mereka? Apa hubungannya mereka sama gue? Sama lo juga? Ada, ada banget hubungannya. Cuss baca postingan ini sampe kelar.


Sumber: FB Kuliner Kasih

Kakek... Ya... Namanya kakek Sadji (Mbah Sadji) warga Surabaya yang menjadi salah satu target KK (Kuliner Kasih) dari sekian banyaknya target. Beliau berprofesi sebagai pemulung barang bekas di sekitar Jemursari. Pendapatan beliau hanya Rp. 70.000 - Rp. 80.000 untuk 2 minggu. Gue tercengang sangat, mengingat uang sebesar itu sungguh gak cukup buat uang jajan dan keperluan makan gue sehari kalo lagi boros. Meski gue merasa sudah pernah di titik NOL tapi sepertinya gue gak pernah ngalamin masa-masa sesulit itu (mungkin waktu SD pernah tapi dulu uang segitu masih bernilai tinggi).

Gue tersadar setelah merasa tertampar berkali-kali, selama ini gue kurang bersyukur (sangat). Diantara orang lain masih bingung besok masih ada yang dimakan atau nggak, gue malah sibuk nanti malam makan apa ya? Ini bosen, itu bosen, makan gak pernah habis kalo udah dingin. Ntah... Sungguh gue gak bisa ilangin kebiasaan seperti ini mungkin udah penyakit gue, kalo dipaksa juga gue bakalan jackpot saat itu juga.

Seperti yang gue bilang di atas tadi, Mbah Sadji ini adalah salah satu dari sekian banyaknya penduduk di Indonesia yang sudah renta tapi masih bekerja (bukan ngemis lho), gue salut sekaligus sedih. Seusia Mbah Sadji ini harusnya sudah menikmati masa tua, istirahat sambil mengenang masa lalu berbagi kasih dan cinta bersama istri bukan panas-panasan bekerja mencari sesuap nasi.

Gue yakin, kenapa Alla memilih mereka karena mereka itu orang yang hebat, bahkan sangat hebat karena gue sendiri jujur gak kuat. Saat masih kecil gue pernah berada di posisi Mbah Sadji, yaa.. Gue pernah jadi pemulung untuk sekedar nambahin uang jajan (Nenek gue gak pernah nyuruh tapi gue suka jajan mau gimana lagi, gue ga mau nambah beban Nenek gue).

Mungkin buat lo yang sering mampir dan baca udah pernah tau kehidupan gue masa kecil seperti apa.
Berat, berat rasanya berada diposisi mereka. Terhimpit sebuah keharusan yang sebenarnya tak ingin dilakukan.

Kenapa gue se'ngotot' ini sekarang karena gue gak pernah mau lagi berada diposisi sulit, saat ini gue hanya ingin membantu semua orang yang sedang merasakan posisi seperti gue dulu. Jujur gue gak berhenti nangis saat nulis postingan ini. Gue terlalu cengeng. Yaa..

Sumber: FB Kuliner Kasih

Foto di atas adalah foto Kakek Yatin, beliau tinggal di Jakarta. Meski tinggal di Ibu Kota dengan pandangan gaya hidup serba wah ternyata masih ada Kakek Yatin yang berjualan Abu Gosok. Gue gak bisa berkata apa-apa lagi, jujur aja sekarang jaman udah serba modern jualan Abu Gosok mungkin udah sangat jarang pembeli karena udah gak banyak yang gunain Abu Gosok, apa lagi di Jakarta. Tapi Kakek Yatin ini tetep semangat berjualan dengan membawa gerobak bututnya.

Kakek Yatin berjualan di sekitar kemang-antasari, usia sudah sepuh masih harus berjalan di tengah polusi udara Jakarta yang super pengap. Kakek juga tidak ada BPJS dan lebih parahnya lagi KTP hilang karena dicopet. Gue gak habis fikir dimana hati nurani nya si pencopet udah tua gini masih aja dicopet. Lagi-lagi gue gak bisa nahan air mata mengingat semuanya terasa berat walaupun gue gak berada di posisi si Kakek.


Sumber: FB Kuliner Kasih

Mbah Ngaino penjual kayu bakar di Dagangan, Madiun. Beliau tinggal bersama istri dengan keadaan kamar mandi dan tempat tidur tak layak pakai. Beliau tetap tersenyum, tak pernah mengeluh. Mungkin ini alasan kenapa Allah memilih beliau untuk jadi Hamba-Nya yang di uji dengan kesabaran. Allah emang gak pernah salah mengatur segala sesuatu. Semoga Allah selalu memberikan keberkahan atas rizki yang Mbah punya.

Close...

Kenapa dari tadi gue cerita tentang lansia yang masih bekerja? Karena gue ingin siapapun yang membaca postingan ini sedikit 'melek' kalo disekitar kita ternyata banyak orang-orang yang masih berjuang demi sesuap nasi. Gak pernah minta-minta walau udah gak banyak tenaga. Gue salut banget, banget, banget...

Gue sendiri punya Nenek udah tua, Alhamdulillah masih sehat dan selalu gue perioritasin beliau terlebih liat postingan di Kuliner Kasih gue selalu inget Nenek gue yang selalu berjuang buat gue saat gue masih kecil.

Setelah bersedih sedih ria, gue kepengen berbagi kebahagiaan.
Jadi komunitas Kuliner Kasih ini komunitas yang tergabung di sebuah Grup Facebook yang membantu para lansia pekerja keras (gak termasuk tukang parkir, pekerja tetap). Misal Lansia tersebut masih berjualan namun tempat tak layak bakalan dibantu oleh tim KK, atau misalnya rumahnya tak layak huni bakalan dibantu juga. Banyak macamnya, yang mau tau lebih lengkap silahkan klik DI SINI 

Bapak Husen (sumber foto: KK)

Nenek Munayah (Sumber foto: KK)

Dua foto di atas hanya sebagai contoh kegiatan Kuliner Kasih untuk membantu lansia yang membutuhkan bantuan untuk mengembangkan usahanya.

'Dari mana sih dananya?'
Dari kita-kita ini yang mampu, jadi misal ada yang perlu di cover langsung dibikin lelang setelah di investigasi ke rumahnya dengan beberapa pertanyaan dari admin Kuliner Kasih. Setelah mengetahui butuh dana berapa baru deh buka lelangan.

Misal butuh 2 juta, ya langsung di lelang sampe full 2 juta (biasanya sampe rebutan yang mau bantu).
Setelah memenuhi target, maka postingan lelangan tersebut akan di Close uang yang sudah terlanjur masuk ke rekeningnya akan di simpan sebagai deposit untuk meng-cover step pertama misal butuh minyak goreng, kasur, dll

'Udah berapa lama KK ini berjalan?'
Komunitas ini baru 7 bulan tapi berkembang pesat, karena semua sistem keuangan sangat transparan. Keuangan selalu diup date setiap minggunya.
Alhamdulillah sudah diproses agar berbadan hukum.

'Kalo ada yang mau diajukan sebagai target gimana?'
Lo tinggal foto KTP, foto saat kerja, tanyain beberapa pertanyaan misal 'Penghasilan berapa?', 'Tinggal sama siapa?' dll

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi link diatas ya.
Buat lo yang mau membantu bisa banget, gak hanya materi kok. Lo juga bisa bantu share siapa tau temen facebook lo lagi punya rejeki lebih juga kan?

Ayoooo jangan pernah malas bekerja, untuk masa tua yang bahagia.

Sekian dulu postingan dari gue.
Semoga bermanfaat

Love!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar