Selasa, 27 Oktober 2015

Curahan Hati Mahasiswi Salah Jurusan

Selamat siang para blog walking yang tersayang, gimana kabarnya hari ini? Kabar luar biasa kan? Sama dong kalo gitu, gue juga lagi luar biasa panasnya.
Saat nulis ini gue lagi berada di JDV dan merasa kepanasan. Gak ngerti kenapa ini jadi panas banget padahal gak ada mantan gue lagi jalan sama Istri barunya. Tapi gue baru ngeuh sekarang, ternyata memang AC nya mati dan di ruangan ini banyak orang, fix gue gak kebagian oksigen karena mereka telah menyedot seluruh oksigen yang ada di ruangan ini.

Kali ini gue bakalan curhat (Iyalah, tiap ngeblog juga curhat mulu gue!).
Udah lama banget kepengen curhat perkara salah jurusan, walaupun sering gue selipin curcol di berbagai tulisan gue sebelumnya. Nah, khusus tulisan kali ini gue emang mau bahas salah jurusan ini doang. Siapa tau diantara kalian ada yang senasib seperti gue yekan? Ini akan buat kalian bilang "Iya Dok. Gue banget tuh" atau pun hanya sekedar manggut-manggut.

Poin-poin ini gue dapet dari situs 'Hipwee' dengan gaya bahasa gue sendiri. Apa aja sih perasaan yang gue alamin selama gue berada di kampus yang salah jurusan? Cekibrot~

1. Gak paham sama mata kuliahnya.


Sumber: Google

Beginilah mimik muka gue saat mendengarkan Dosen selama pengajaran berlangsung. Muka gue mlongo maksimal karena gue gak ngerti blass apa yang Dosen gue omongin. Kejadian seperti ini berlangsung dari awal gue kuliah di Teknik sipil, terutama saat matakuliah Matematika Teknik (Kalkulus) dan Fisika saat semester 1. Sebelumnya juga gue udah pernah cerita kalo gue paling gak suka saat Dosen bilang "Ini sudah pernah belajar saat SMA ya. Tinggal lanjutin aja dengan metode bla bla bla"
Sumpah saat itu juga rasanya gue kepengen keluar kelas sambil bilang "Pak... Saya gak ngerti. BYE!" 
Walau katanya bisa tanya dan akan diulang, secara logika Dosen gak mungkin jelasin ulang hanya karena 1 bijik spesies salah jurusan seperti gue ini. Iya!

Gue sering berfikir "ini rumus untuk apa sih?" Terlalu banyak rumus yang dipelajari dan gue gak tau ini gunanya di kehidupan gue nanti itu apa. Sama seperti saat gue berada di kelas Akuntansi jaman SMK, gue gak tau Akuntansi itu apa dan untuk apa yang jelas Ibu yang udah gue anggep seperti Ibu kandung sendiri ngotot nyuruh gue masuk jurusan Akuntansi biar sama seperti beliau. Alhasil gue stress berkepanjangan selama 1 semester karena selama itu gue dijejali praktik Akuntansi dengan jurnal-jurnalnya itu. Alhamdulillah walau sering pulang dengan perut kembung akibat kebanyakan angin yang masuk gara-gara gue menganga saat pelajaran berlangsung, dan kuping gue mengeluarkan congek gara-gara dengerin Pak Ferry (guru akuntansi) ngomongin akun-akun beserta embel-embelnya. Semester 2 gue berhasil memahami semua tektek bengek akuntansi hingga masuk salah satu siswi Unggulan di Jurusan Akuntansi saat itu. Seneng? Nggak, biasa aja.

Terlepas dari pengalaman gue mengenai salah jurusan di Akuntansi saat masa SMK kini gue mengalami hal yang sama, tapi sayang sekali gak ada 1 pun Dosen yang gue sukai di Teknik Sipil saat ini mengakibatkan gue gak semangat belajar sehingga 3 semester yang telah gue jalanin gak membuahkan hasil apapun selain ngabisin bensin gue selama perjalanan kost-kampus. YES!

2. Kuliah kalo ada penyemangatnya doang.

Sumber : Google

Banyak yang menasehati gue katanya cari penyemangat di kampus. Minimal liat temen yang ganteng ataupun Dosen yang kece. Sayangnya semua itu gak ada! Yups, kalopun ada yang ganteng paling cuma buat cuci mata doang karena mereka gak bakalan jadi pasangan gue, secara mereka pasti lebih muda dari gue. Dosen pun gak ada yang bisa menarik perhatian gue, sekalipun ada Asdos terhitz seantero kampus itu gak mengubah semangat gue sama sekali. Kenapa? Karena gak mungkin kan gue kudu nyariin tuh Asdos muluk?

Terlepas dari itu semua, gue pun gak terlalu akrab sama temen di kelas karena ada suatu batasan umur dan mereka menganggap gue seperti mbaknya bukan teman. Padahal saat gue berada di Kantor dulu, walau gue lulusan SMK dan mereka lulusan S1, S2 bahkan S3 yang jauh lebih tua dari gue tapi gue selalu menganggap mereka itu partner gue dan gak menuakan mereka. Biasa aja sih, anggep temen aja dengan sopan santun juga 'oke' tanpa harus ada fikiran "Dia lebih tua dari gue, gue harus hormatin dia" Justru fikiran seperti itu yang jadi pembatas pergaulan. Saat ini gue mengalami pembatas tersebut seakan gue gak bisa berbaur dengan mereka dan gak punya jiwa muda lagi. Anjrit pikir gue, emang setua apa sih gue? Perasaan gue gak tua tua amat deh. Jiwa humor gue juga masih oke banget. Tapi ada untungnya juga sih keadaan tersebut membuat image gue yang dicap sebagai manusia gesrek dengan otak stengah liter gak melekat di otak mereka. Hahaha *Evil Laugh*

Intinya gue gak ada penyemangat kuliah selain absen apa lagi kalo gak ada Sasya dan Hanny. Rasanya gue mahasiswi paling terpuruk. Ntah lah, mungkin ini perasaan gue doang. Tapi nggak juga ding, perasaan seperti ini dialami oleh Hanny juga. Yaa gitu deh, gue gak mau Ghibah. Halah

3. Alasan ngampus
Dikarenakan gak ada yang bikin gue semangat, kali ini gue bakalan buka rahasia kenapa gue tetep kuliah dan agak ada niatnya karena ada Presentasi, Kuis dan yang utama adalah jajanan di Kantin. YES! Gue sangat suka jajan, dan gue suka dengan kue yang dijual di Agrimart. Hahaha
Selebihnya gue gak ada semangat sama sekali sih (lagi-lagi). Walau seperti itu gue gak ada niatan untuk Nitip absen alias TA kepada temen-temen di kelas. Yalah, punya temen aja kagak! Mau nitip absen ama siapa? Dosen? Atau baling-baling kipas di dalem kelas? Ngawur!

4. Hal yang bikin gue males belajar

Yaahhh! Udah males kuliah, males belajar lagi! Dasar bodoh! Kodok bodoh!
Gak ngerti ya, perasaan gue mengatakan "SLOW aje Dok!" Pada jaman dahulu kalah (pret!). Intinya saat ini beda banget dengan jaman SMK dulu, kalo sekarang gue sama sekali males belajar bahkan hanya untuk sekedar buka modul ataupun catatan. Gue lebih tertarik baca buku saku pramuka atau baca selebaran pijet akupuntur atau nulis blog daripada kudu baca modul rasanya gak menarik sama sekali. 3 semester berlalu tapi gue gak pernah belajar kecuali ngerjain tugas, itu pun kalo belum 'deadline' yo podo wae malese POLL tenan. 

5. Yang penting IJAZAH

Yang bikin gue semangat ngerjain tugas itu karena ijazah. Kenapa kudu semanget ngerjain tugasnya? Ya walau gue salah jurusan, gue gak mau nilai gue rendah banget. Tapi bagi gue C aja udah Alhamdulillah karena gue males ngulang lagi. Gue pengen nilai Ijazah gue gak ancur-ancur amat lah yaa, minimal 3.

Gue pernah curhat sama Asdos gue perkara kepengen dapetin nilai C doang. Gue saat itu sanga pesimis bakalan dapet nilai D karena gue gak ngerti blas sama sekali kecuali soal yang diberikan saat Praktikum. untungnya gue dapet nilai C dengan SKS 4. Masya Allah... Sampe saat ini gue gak bisa lupain jasa-jasa para Asdos, terlebih Asdos praktikum gue yang super sabar mau nungguin gue tiap kali asistensi dan selalu ngingetin tugas praktikuman gue. Hahaha

6. Mendingan cari duit!

Sebagai mahasiswi yang membiayai kuliah serta biaya hidup sendiri gue lebih memilih cari duit ketimbang kudu kuliah dan berlama-lama di kampus. Gue ngerasa gak ada gunanya kebanyakan nongkrong di kampus cuma buat ngobrolin tugas, atau bahkan ngomongin size celana dalam masing-masing. HIH! Itu lah sebab gue gak punya temen karena gue gak bisa selalu bersama temen kampus. Iyalah, buat apa? Mending cari duit buat makan.

Gue lebih suka ikutan EO di pameran gadget daripada kuliah, kuliah emang penting tapi kalo gak ada duit kan gak bisa kuliah juga. Iya kan?
Kalo bukan karena praktikum gue sungguh kepengen banget ikutan Acara Pameran Gadget lumayan bok! makan geratis dan dapet gaji. Hahaha
Sayangnya semester 2 dan 3 ini gue sama sekali gak bisa ikutan lagi seperti dulu, padahal gue seneng banget bisa ketemu banyak orang dan menambah banyak networking untuk masadepan gue. Ketimbang temennya yang dikampus doang?

7. Banyakin pengalaman di luar kampus


Gue lebih demen ikutan komunitas-komunitas daripada ikutan organisasi di kampus. Kenapa? Ya karena kalo organisasi pasti orangnya itu lagi itu lagi, dan gak bisa fleksibel alias kudu ikut rapat sana sini seperti jadwal. Beda dengan komunitas, gue bisa ikut kegiatan sesuai dengan jadwal gue alias gak saklek banget.
Selama ini gue ikut komunitas pengusaha muda, komunitas nulis atau blogger, peduli anak jalanan dan lain-lain. Itu seru men! Temennya banyak, gue bisa nemuin banyak hal bukan hanya karakter manusia, bau ketek yang berbeda juga banyak gue temuin kalo di komunitas!

8. Kerjain tugas se-efisien mungkin

Gue tiap kali ngerjain tugas harus seefisien mungkin. Sebagai mahasiswi jurusan gue merasa gak perlu lah berlebih nyari perhatian Dosen, yang penting tugas terpenuhi dengan baik yakan? Kalo disuruh bikin makalah minimal 5 lembar ya 5 lembar aja daripada gue banyak nulis tapi keliatan ngaco? Hahahaha
Efisien waktu juga jangan lupa, kalo belum mepet ya gak usah dikerjain dulu. Mendingan gue ngerjain tugas di kampus 1 nya atau mending gue nyari duit buat makan. Abis gimana ya? Kalo ngerjain tugas Teknik Sipil butuh banyak ngeluarin tenaga dan otak sih. Jadi kalo udah mepet biasanya otak lebih lancar tuh. Heehehe

9. Nilai C udah alhamdulillah

Berbeda dengan jurusan akuntansi, jurusan Teknik Sipil yang gue jalani sepertinya dapet nilai C itu udah Alhamdulillah banget. Kalo saat jadi mahasiswi Akuntansi dapet nilai C rasanya gue udah kelabakan banget, dan gue harus ngulang. Pernah kejadian dapet C karena gue gak ikut UTS alhasil gue ngulang lagi deh. Yah intinya kalo teknik sipil dapet nilai C udah sukur karena kalo pun ngulang, gue bakalan dapet nilai yang sama. Kenapa gitu? Ya karena gue gak bakalan rajin belajar jugak sih!

10. Yang berkesan selama jalanin kuliah.

Yang bikin berkesan? Sepertinya gak ada deh kecuali dengan tugas segudang yang males gue jamah. Hahaha
YES! Gak tau kenapa selama 3 semester gak ada yang ngena dihati gue deh kecuali bisa kenal sama asdos yang baik hatinya. Hahaha
Gue kepengen cepet-cepet lulus.

Sekian poin-poin selama gue menjadi mahasiswi salah jurusan.
Jangan pernah menganggap gue gak pernah melakukan apa-apa terhadap jurusan Teknik Sipil. Justru jurusan ini lah yang menyita banyak waktu gue karena tugas yang tak kunjung kelar. Terlihat gue adalah mahasiswi yang super acuh, nyatanya? Gue selalu gopoh saat kuliah karena banyak hal. HUH!
Buat kamu yang salah jurusan juga, jangan putus semangat kawan! Lo gak sendiri, disini ada gue yang juga memiliki perasaan yang sama. Semangat sampe luluuuusssssss.

Bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar