Kamis, 03 September 2015

Cerita Lebaran

Lebaran kali ini seperti lebaran tahun lalu yakni gue mudik setelah sholat ied. Beserta kedua orang tua gue di bonceng pake motor karna gue males naik Bus dan pake mobil ibu pun gak ada yang bisa nyetir akhirnya kejadian tahun lalu pun terulang kembali. Taraaaaa cengtri lagiiii~ berhubung gue yang paling gepeng dan duduk di tengah alhasil gue jadi tambah gepeng yaah daripada naik Bus yang kondekturnya kalo narik ongkos malah jadi ngelawak. Bayangin aja ongkos Cuma Rp. 40.000 kalo lebaran bisa Rp. 150.000 aje gileee. Dalem ati bilang ‘Ngelawak lu, Ndro?’ Belum lagi supir bis yang ugal ugalan, naik Bus berasa lagi main game Roller Coaster sumpaahhh kalo lo yang udah pernah naik Bus yang ke Labuan seperti Murni, Asli Prima dll pasti udah tau banget sensasi naik Bus tanpa REM. Hahaha

Hal yang gue takutin saat lebaran bareng sodara di kampung Nenek

1.  Dapet pertanyaan 'KAPAN NIKAH?'
Gue sebenernya udah sedikit lega lebaran kali ini karena sodara-sodara gue udah pada tau kalo gue ini lagi kuliah dan masih ada alasan kalo ditanya pertanyaan menyeramkan "Kapan nikah"  gue tinggal tegaskan ke mereka kalo gue masih kuliah.
Tapi ekspekstasi gue ternyata SALAH gais, mereka malah memberikan pertanyaan menjebak. Beginilah kira kira obrolan gue bareng mereka

Sodara: Kapan Lulus kuliahnya, De?
Gue : 1 stengah tahun lagi kok. Kenapa?
Sodara : Yaahh masih lama amat.. Kapan nikahnya kalo gitu?
Gue: Nikah mah gampang, tinggal cariin calonnya aja. Jangan lupa siapin biaya juga ya buat aku nanti pas nikahan. Soalnya kan aku masih kuliah belum ada tabungan nikah jadinya. Gimana? *Senyum simpul* *simpul kusut*

Seketika hening dan gue ngeluyur bebas.

Setelah obrolan  itu berakhir gue pun pergi meninggalkan mereka dengan tertawa terbahak bahak dalem hati gue. Sumpaahhh gue bukannya gak pengen nikah kayak temen-temen gue yang udah pada gendong anak, yang udah ngerasain yang namanya surga dunia. Gue mau! Mau banget malah. Tapi harusnya mereka tau kalo gue bukan diam, gue bukan gak mau tapi gue sedang mempersiapkan semuanya dengan baik. Masalahnya banyak banget temen-temen gue di kampung yang sekedar nikah kemudian ditinggalkan suaminya dengan meninggalkan anaknya itu. Ya! Mereka bercerai dan gue gak mau kejadian itu menimpa anak gue kelak, karena gue tau banget rasanya gimana menjadi korban broken home. Inget! Gue TAHU PERSIS, gue bukan sok tau karena gue ngalamin sendiri. PLEASE!

2. 'Kapan gemuk?'
Ini juga gak kalah menyebalkan, mereka gak pernah tau gimana perjuangan gue biar bisa gemuk tapi tetep BELUM BERHASIL! Gue bukannya diem dan menikmati kekurusan gue, tapi gue juga selalu berusaha gimana caranya naikin berat badan gue dari mulai hidup sehat makan sayur dan buah, gak begadang, sampe ke Dokter Gizi cuma buat naikin berat badan! Kurang apa coba gue? Mereka mana pernah tau sih usaha gue selama ini. Tapi gue tetep masih bisa kalem karena gue selalu ngeles dan bilang ke mereka

"Di iklan juga bilangnya tumbuh tuh ke atas bukan kesamping! Maraknya obat-obatan pelangsing di muka bumi ini, lain halnya dengan penggemuk badan itu jarang seperti 90:10." *Nanar*

Gue ngomong sembari ketawa dan mereka pun terdiam. Seperti biasa dalem ati gue selalu merasa lega kalo mereka udah diem.

3. 'Kapan gendong anak sendiri?'
Ish pertanyaan ini sama aja sih seperti pertanyaan 'Kapan nikah?'
Gue ini memang penggemar anak kecil, gak tau kenapa anak kecil selalu nyaman di pelukan gue dan gak pernah rewel. Saat gue menggendong mereka (anak temen gue ataupun anak sodara gue) selalu disindir


'Buruan punya sendiri'

Kalo udah digituin sepertinya gue udah gak kuat kepengen pura-pura kejang kesurupan setan jomblo. Gimana gue mau punya anak, calon aja gue gak punya? Maksudnya apa coba? Mereka ngelawak? Dikira gampang kali bikin anak, cara persisnya aja gue gak tau. Hadeuh

Itu lah 3 poin pertanyaan yang paling gue sebelin, yaa walaupun sebenernya gak ngaruh-ngaruh amat sih sama hidup gue. Hahaha

Anyway kemarin saat lebaran gue menghadiri salah satu sahabat kecil gue nikah, pertanyaan 'kapan kawin?' pun semakin membabi buta, gue semakin kebal walau gue jadi makan dengan porsi kesetanan saat resepsi. Tapi ternyata gue gak sendirian, banyak temen yang seusia gue belum nikah juga. Saat gue berbincang-bincang dengan mereka yang belum nikah ternyata mereka juga merasa jengah, terlebih kalo pas musim kawin begini nih.
Lagi pula, gue heran deh. Kenapa sih kawin ada musimnya? Tiap kali abis lebaran pasti bayak undangan pernikahan yang dateng ke rumah Nenek gue, hadeeeuuhh... Gue mikir keras, ternyata bukan cuma buah-buahan aja yang musim-musiman, kawin juga ada musimnya. Apalagi pas musim ujan. Njeeerrrrrr!!!

Namun, dibalik itu semua ternyata gue gak separah dan senasib dengan sodara gue yang sering gue ceritain juga dimari yakni si Minul!
Dia lebih parah nasibnya, dia dituntut untuk segera nikah dikarenakan adik satu-satunya itu ngebet banget kawin! Shiiiittttt! Padahal usianya masih bocah banget, cowok pulak tapi udah ngebet kawin. Men!!!
Minul pun kelabakan, boro-boro segera kawin calon aja belum ada. Kadang gue juga merasa heran kenapa masih ada pamali dijaman yang udah mau 2016 ini, dalam islam pun perasaan gak ada tuh larangan langkah melangkah kayak gitu.
Masalahnya bukan apa-apa, gais! Nyokapnya sampe ngotot bilang gak masalah kawin sama duda kakek kakek yang penting ilangin keperawanan dulu biar gak dilangkah sama adeknya. GEMBLUNG!!!
Kalo udah kayak gitu gue bingung siapa yang mesti disalahkan yang jelas cara berfikirnya gak nyambung banget sama otak gue. Gimana ceritanya mainin pernikahan gara-gara takut dilangkah kemudian jadi perawan tua? Ntah lah~

PS: Jangan merasa jengah kalo ditanya kapan nikah karena yang jalanin itu kita!
Nurut sama orang tua itu memang wajib hukumnya, tapi kalo udah nyimpang dari agama coba mending difikirin terlebih dahulu. Gak usah jadi beban hidup gitu yak.

Salam,

Kodok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar