Kamis, 03 September 2015

Adakah Orang Tua Durhaka?

Assalamu'alaykum semua, selamat malam.

Malam ini gue baru inget kalo ternyata Malem Jum'at. Pantesan jam 9 udah sepi banget kontrakan gue, tetangga kost juga lelaki pada ngabur semua ntah kemana. Yang satu kerjaannya main mulu, samping persis kamar gue juga kerjaannya kerjaaa mulu (lagi kejar setoran mungkin), yang paling ujung juga anak baru tapi gak pernah di kost tiap malem, gue jadi curiga tuh anak mangkal di taman lawang (jaoh amat Dok!). Kalo penghuni lama mah dia emang ngayap mulu ntah kemana sepertinya dia balik kampung karena dia rumahnya gak terlalu jauh. Kebiasaan atau kebanyakan orang kalo malem minggu selalu bilang Sunah Rasull... Ntah itu maksudnya mengaji, banyakin shalawat, atau paling parah ngradut alias nglakuin hubungan suami istri. Tapi ternyata gak cuma itu, Dosen gue malem ini tiba tiba SMS

"Malem jum'at gosok batu akik..."

Huanjeeerrrrr gahol bener... Nih Dosen emang lagi demam banget ama batu akik sampe-sampe minta dibawain oleh-oleh batu akik dari Banten. Wah padahal di Banten mah udah kaga musim lagi, Pak! Musimnya batu ginjal!!! Hahaha
Gue bilang kalo di Banten banyak bener batu akik dari jaman gue masih pake kancut kemana mana, gue sering liat kalo malem jum'at suka di rendem tuh batu akik kedalem aer jeruk nipis plus bunga gitu. Dan WOW, batu akik nya ngeluarin gelembung kemudian bergeser kesana kemari. Otak polos gue mikir "Itu batu akik apa keong?" AJAIB! Tapi ntah emang AJAIB apa gue nya aja yang NORAK yak kaga tau begituan. Ntah lah~


Back to topic! Gue malah bahas begituan padahal mau bahas tentang 'Orang Tua Durhaka'
Diantara kalian ada yang punya akun Instagram? Follow Aurel? Atau Mimi Krisdayanti? Artis yang sekarang lagi HOT HOTnya karena kisruh di Instagram gara-agra Krisdayanti kaga dateng ke acara Ulang tahunnya Aurel.
Awalnya Aurel curhat tentang kekecewaan kepada Ibunda nya alias Krisdayanti yang gak bisa hadir di acara ulang tahunnya. Seperti biasa para Haters dungu itu mulai berkomentar dan menjadi suasana makin memanas.
Eeehhh gak lama kemudian Emaknya juga malah ikut-ikutan kesulut emosi gegara Haters dungu itu, Krisdayanti pun upload foto dan melakukan pembelaan panjang lebar karena katanya Aurel dan Jiel yang salah.
Hmm... Dari situ malah pembaca yang memiliki otak sedikit lebih jernih mulai mikir siapa yang salah~ Sebenernya bukan masalah salah atau benar dalam kasus tersebut sih. Karena gue dan siapapun gak ada yang tau kecuali mereka yang menjalani hidupnya itu perkaranya kayak gimana. Betul? Jadi sebaiknya gausah ikut campur atau terlalu banyak berkomentar, malah keliatan dungu.

Yang mau gue bahas di postingan kali ini, sekali lagi bukan perkara Krisdayanti dan Aurel. atau bahkan pengasuh Arsy yang ngalahin selebgram karena posting foto Arsy yang menggemaskan. Bukan! Sama sekali bukan!
Gue di sini sebagai mahasiswi dengan otak pas-pasan cuma melihat dari sudut pandang perilaku mereka, dari sisi kedewasaan mereka, attitude mereka, serta empati mereka terhadap keluarga.

1. Dari sudut si Anak
 Foto Aurel


 Curhat 1
 Curhat 2

Curhat Jiel
 Curhat Jiel 2

Sikap anak yang curhat di media sosial itu udah hal yang wajar karena belum dewasa jadi belum bisa kontrol emosi, terlebih mungkin saat Aurel itu udah mencapai titik puncaknya kekecewaan saat ultah yang ke-17 tersebut. Kalo menurut gue masih untung tuh anak kaga depresi yang berlebihan atau yang paling parah maki-maki nyokapnya bahkan bunuh diri. Kenapa masih untung? Karena banyak yang lebih parah diluar sana anak-anak yang emosinya gak ke kontrol terus kurang bimbingan orang tua. Menurut gue ibu sambung Aurel udah cukup bagus mendidik karena Aurel dan Jiel juga mengakui hal tersebut, mereka sekarang udah bangkit kembali dari keterpurukan perpisahan orang tuanya. Dan memang benar, fase-fase tersebut tidak lah mudah dan GAK SEMUA ORANG BISA melewati itu semua. Kenapa gue jadi sok tau? Karena gue pernah berada di fase tersebut.
Tapi semoga kejadian kayak gini gak keulang lagi karena semakin lama semakin dewasa dan jangan malah jadi kebiasaan karena mengumbar aib keluarga gak baik. Gue gak pernah membenarkan kelakuan ngomel-ngomel keorang tua melalui curhatan di media sosial.
Ashanty sebagai ibu sambung pun menurut gue ya dia gak mungkin bisa mantau setiap detik yang Aurel lakuin, semuanya diluar kendali. Aurel kecewa makanya nulis begituan, bahasanya masih bisa gue terima dan lebih bijaksana ketimbang postingan Krisdayanti seorang ibu yang sangat menyudutkan Aurel dan keluarga kecilnya tersebut. Menurut gue kurang dewasa!

2. Dari sudut si Ibu
Cuplikan curhatan KD yang udah diapus

Gue lihat postingan KD ini malah terlihat pencitraan dengan cara yang salah. Yang awalnya masih banyak yang pro sama KD ternyata setelah KD posting foto tersebut dengan caption panjang kali lebar, curhat sana sini yang menurut gue penuh pencitraan akhirnya malah semakin menyudutkan KD (Terakhir gue liat foto itu akhirnya di hapus karena gak kuat dengan cacian manusia gak pertanggung jawab).
Seorang Ibu atau orang tua harusnya lebih bijaksana lagi, kalo liat anaknya seperti itu ya mbok jangan di bales dengan hal yang sama tho? Apa lagi malah lebih parah yang mengatakan bahwa KD MALU punya anak seperti Aurel dan Jiel. Menurut gue dengan adanya seperti itu, ya orang tua yang intropeksi diri dong yaaa, anak kayak gitu berarti orang tua belum becus didik anak. Apalagi gak ngedidik tapi pengen sesuatu yang 'lebih'. Jiel pun geram dan gak terima akhirnya meluapkan isi hatinya juga yang makin kebuka deh keburukan KD tersebut walaupun manusia emang gak pernah ada yang sempurna setidaknya KD udah ngebuka boroknya sendiri secara gak langsung. Semoga lebih dewasa lagi ya mbak KD setelah kejadian memalukan seperti ini. Mari intropeksi diri buat siapapun sebagai orang tua cobalah lebih bersikap dewasa.

3. Dari sisi para Komentator

Sisi ini paling absurd menurut gue, mereka berlomba-lomba menyudutkan sana sini yang padahal JELAS mereka gak 100% tau rasanya kayak gimana apa lagi keadaannya. Harusnya kalo mau komen tuh pake jari dan otak sedikit lah, jangan sementang KD dan anak-anaknya artis terus seenak jidat aja komen sana sini, maki sana sini duh! Malah makin memanas suasananya. Apa lagi yang sampe berantem sesama komentator, buseeehhhh ternyata komentator gak bisa kompak kayak komentator sepak bola yak? Nanti gue ajarin deh biar kompak kayak gimana. Hahaha

4. Kesimpulan
Lalu adakah orang tua durhaka?
Ustad bilang 'ADA', mereka itu yang gak bisa mendidik anak, yang gak ngajarin agama, gak bimbing kejalan yang benar, membiarkan anaknya kejalan yang menggiring ke Neraka jahanam. Masih banyak lagi yang lainnya yang bertentangan dengan Agama. Ingat! Anak itu sebuah titipan yang harus di jaga, kalo dia salah cobalah diberi nasihat dengan cara yang benar, dari hati kehati.
Mengapa? Sebab seorang anak membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang lebih dalam kondisi tersebut. Mereka kadang tak butuh kata-kata sekalipun itu kata-kata manis, apa lagi kata-kata mencaci. Mereka hanya butuh sentuhan kasih sayang, serta pelukan. itu semua udah cukup mewakili bahwa sang anak akan baik-baik saja. Gue ngomong kayak gitu berdasarkan pengalaman pribadi.

Untuk mereka para orang tua.
Gak hanya sang anak yang belajar banyak hal dari orang tua, akan tetapi cobalah orang tua belajar banyak juga dari seorang anak, dari kepolosan mereka saat masih kecil. Ingat kembali, mereka (anak) bukanlah milik kalian para orang tua, tetapi hanya sekedar titipan Allah. Mereka perlu didikan orang tua, perlu kasih sayang bukan hanya sekedar nasihat dari omongan semata. Orang tua tak selalu benar, karena orang tua juga manusia yang memiliki khilaf dan salah. Coba pola fikirnya sedikit di ubah, seperti apa? Rumah tangga diibaratkan seperti sekolah, orang tua dan anak balajar memahami satu sama lain, saling mengkoreksi dan mengingatkan. Bukan saling menggurui serta menghakimi.

Gak semua orang tua itu dewasa, kadang karena ego nya masih besar malah bisa jadi seperti anak-anak. Padahal jika orang tua bisa melihat seorang anak itu dengan fikiran yang polos, mereka juga akan belajar bagaimana menjadikan rumah tangga menjadi lebih bermakna. Pasti akan lebih indah!
Bila ada masalah, selesaikan dengan cara berbicara yang baik. Ingat! Bukan menghakimi dan merasa lebih benar. Cari tau dulu duduk perkaranya, kurangi ego, intropeksi diri dan koreksi diri sendiri. Terkadang manusia hobinya ngoreksi orang lain, sementara diri sendiri banyak salah pun au amat pada kaga peduli.

Sesekali kita perlu bercermin, dan menanyakan tentang banyak hal seperti:
- Siapakah kita sebenarnya?
- Sejauh manakah kita berbuat baik?
- Berapa banyak manusia yang kita sakiti?
- Seberapa banyak kita bersyukur memiliki apa yang telah dimiliki?
- Dll

Tulisan ini didedikasikan untuk siapapun kamu sebagai seorang anak maupun sebagai orang tua. Gue bukan ahli psikolok apa lagi ustadzah. Bukan lah! Gue cuma mahasiswi kurang pintar, melihat dengan mata seadanya serta mencampurkan dengan hati yang sangat menjaga siapapun walau ujung-ujungnya ada yang tersakiti gara-gara postingan gue saat ini. Gue minta maaf sebesar-besarnya kalo ada tulisan gue yang menyinggung hati kalian.
Siapapun, gue harap fikirkan lebih jernih lagi. Intropeksi diri sendiri, kalo omongan gue salah gue terima. Tapi kalo lo merasa paling bener coba mendingan cek kejiwaan mungkin ada yang salah di hati atau otak lo karena merasa dirinya manusia paling bener sedunia. Hehehe

Wassalam

Salam,
Kodok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar