Sabtu, 05 September 2015

Balada 'Sate Klathak Pak Pong'

Selamat bermalam minggu untuk para jomblo dimanapun kalian berada, yang malam minggu menyibukkan diri di kamar dan memilih untuk tidak berkeliaran di sosial media karena pencitraan biar dianggap lagi kencan bareng gebetan atau pacar.
Gak usah terlalu memaksakan gitu lah, jalanin hidup apa adanya itu akan lebih baik. Kalo emang belum ketemu pasangan, mungkin masih disiapkan oleh Tuhan. Sabar aja, siapa tau jodoh kamu belum lahir saat ini. Ehhh....

Kali ini sebenernya gue gak mau bahas perkara jomblo karena gue sendiri bakalan kegerahan bahasnya. Gue cuma pengen cerita kemarin malem habis berpetualang nyari Rumah Makan Sate Klathak Pak Pong! Nama yang sangat terkenal untuk dunia persate klathak-an di Jogja. Seantero jagat gue rasa kalo search di Google bakalan nemu nama 'Pak Pong' kalo ketik key word Sate Klathak Jogja.

Gue sendiri udah lama di Jogja belum pernah makan ke si Pak Pong ini karena menurut gue terlalu jauh dari kost gue, bukan tempatnya yang jauh sih sebenernya tapi lebih mikir kenapa kudu nyari yang jauh-jauh sih hanya untuk ganjel perut? Palingan juga pas balik udah laper lagi karena kebawa angin saat perjalanan. Atau bahkan muntah-muntah saat perjalanan karena masuk angin. Bisa jadi begitu~

Jadi gimana Dok ceritanya? Nyampe Pak Pong, gak?

Kemarin malam gue start dari rumah sehabis maghrib, gak lama kemudian si Hanny nyamper ke kontrakan gue. Gue pun antusias dengan wajah sumringah sembari nahan lapar yang belum seberapa. Kenapa gue gak makan dulu? Karena gue tau kalo perjalanan jauh bakalan ngabisin banyak porsi. Kenapa? Karena sepertinya gue gak bakalan ke tempat tersebut lagi kecuali temen dari luar kota ngajak gue kesana. Yupz! Malas boookkkk nyari sesuap nasi jauh bener!

Tanpa ba bi bu lagi gue langsung bonceng si Hanny peko' ini. Gue gak terlalu banyak nanya karena gue yakin si Hanny udah tau jalannya.
'Jalan mana, Han. Jadinya? UMY aja kah?'  Tanya gue.

'Iya, Mba.' Jawab Hanny singkat padat dan jelas.

Gue pun meng-gas motor tersebut sambil bilang
'Han, Gue gak terlalu jago bawa motor matic'

Kemudian si Hanny pun pasrah, gue nekat!


Gue meng-gas motor sebisanya, dengan kecepatan max 80km/jam karena gue nyadar kalo gue cuma punya badan selembar takutnya kabur di jalan atau kulit gue berserakan terkena angin malam yang begitu dinginnya. Sesekali gue nge-rem mendadak karena ada beberapa kendara lain yang suka belok gak pake lampu sein . Hanny kaget, gue seneng. Dasar peko'

Gue mengendarai motor sesuai dengan petunjuk yang Hanny kasih tanpa banyak nanya karena emang gue gak tau jalan menuju sate Klathak Pak Pong itu. Beberapa bangjo (Sebutan lampu merah di jogja) gue lewatin, akhirnya saat plang petunjuk menunjukkan ke arah imogiri gue pun langsung ngeluyur belok kearah kanan. Dengan PeDe nya gue gak pernah mikir apa-apa alias positif thinking aja ke si Hanny, gue mencoba melupakan kepolosan Hanny sejenak karena habis lebaran mungkin setan polosnya udah hilang.

Gak terasa, udah 1 jam berlalu gue belum juga menunjukkan tanda-tanda kehadiran Pak Pong tersebut, bahkan bau tahik kambing nya pun belum mampir ke lubang hidung gue. Feeling gue udah mulai gak enak, gue pun bertanya kepada Hanny.
'Han, ini masih lama? Buset jauh bener, Han. Kaga ada yang lebih jauh nih?'

Hanny dengan mantap menjawab
'Nggak, Mbak! Lurus aja, nanti ada bangjo ke kiri ya tapi bangjo di pertigaan.'

 'Oke sip' jawab gue irit.
Beberapa km setelah obrolan tadi di depan ternyata ada perempatan, gue pun bertanya ke si Hanny
'Masih lurus kan, Han?'

'Nggak mbak, depan belok kiri' jawab Hanny dengan mantapnya.
Gue menggerutu dan ngedumel ke si Hanny
'Njiiirrr Han, depan itu perempatan bukan pertigaan. Wah mabok nih gue rasa'

Seperti biasa, Hanny kalo peko' nya kumat cuma jawab
'Eh iya mba maksude itu e' sambil cengengesan.

Gue melanjutkan perjalanan walau pun sambil ikut cekikikan, setelah beberapa kali mengikuti petunjuk si Hanny~ Gue mulai merasakan ada yang aneh dalam perjalanan, karena gak nyampe-nyampe jir udah jauh banget. Gue pun bertanya berkali-kali ke si Hanny
'Han, serius ini jalannya? Kok malah tambah sepi gini yak?'

Jawaban Hanny tetep mantap mengatakan BENAR. Tapi perjalanan udah terlalu jauh dan mulai sepi, gue pun ketakutan karena kalo di Tangerang malem-malem ke tempat sepi suka ada garong alias tukang nodong! Aaaaakkkk gue langsung berhenti menghampiri Bapak separuh baya. Akhirnya Hanny menanyakan keberadaan si Pak Pong tersebut. Naas bukan kepalang, ternyata kebablasan dan Bapak yang gak sempet gue tanya namanya pun ngasih tau ancer-ancernya, sayangnya gue dan Hanny gak paham apa yang Bapaknya kasih tau karena nunjukin arah pake mata angin seperti
'Depan nanti lurus terus, ada pertigaan ke utara. Pas ada perempatan ambil timur mba. Lurus lagi masih jauh tuh *&%@*&%$(&*^%$(*&@^$&^**&^%'

Gue dan Hanny pun mengganggukkan kepala tanda mengerti, padahal pas puter arah kami saling kebingungan karena gak ngerti bahasanya. Gue masih belum paham sih dengan kebiasaan orang Jogja yang nunjukkin arah pake arah mata angin gitu. Duuhhh so poor i am!
Beberapa kali Hanny menanyakan dimana letak Pak Pong tapi selalu berbeda beda arahnya, gue jadi bingung sendiri akhirnya gue memutuskan untuk gantian ngendarain motor. Sekarang gue yang pegang kendali dan langsung mengetikkan key word 'Sate Klatak Pak Pong' . Gue pun menemukan 1 saja alamat Pak Pong yang menunjukkan dekat makam Imogiri. Buset jauh bener batin gue menggerutu, tapi gue lagi-lagi karena kepalang tanggung tetep optimis. Sesuai dengan arah tersebut lama-lama kok jalan tetep semakin sepi dan mencekam! Puncaknya ketakutan tersebut saat gue dan Hanny malah mau ke jalan hutan-hutan yang gak ada lampunya. Karena gue gak kuat, bulu ketek pun berdiri takut garong akhirnya sontak gue bilang STOP!!! Hanny pun banting stir kearah kanan dengan gaya peko' Hanny yang udah biasa kayak belatung nangka. Seketika kita panik dan terdiam sejenak, akhirnya kita bertanya lagi kepada Ibu penjual bensin. Ibunya bilang katanya disekitar situ gak ada yang jual sate, kami salah arah dan harus berbalik ke jalan yang tadi udah dilewatin. Kami pun meluncur kembali, gue pun putar otak dan langsung search di google alamat lengkap si Pak Pong!

Terkezut bukan main, ternyata gue salah nulisnya gue kira 'klatak' taunya spelnya 'Klathak' pake H yaks! Bukan KH nya Kyai Haji yes gais! Bukan pokoke.
Akhirnya gue nyari di Google Maps dengan key word 'Jl. Stadion Sultan Agung yang terletak di kawasan Jl. Imogiri Timur Km. 7. Dan ternyataaaaa eng ing eng jreeeeng. Jaooooohhhh banget pemirsaaahhhh!!! Gue berdua udah kemana-mana ternyata si Pak Pong itu deket dari Ring Road! Yassalaaammmmm
Hanny lagi lagi cekikikan liat tingkah laku gue dan omongan gue yang katanya konyol padahal gue lagi panik, tapi gue gak bisa marah-marah. Sekalinya ngomong malah lucu katanya, mungkin dia pikir gue ini badut. Hmm

Akhirnya kami berdua mengikuti arah yang ada di GMaps, dan taraaaaaa~ Gue liat dengan biji mata gue sendiri, tulisan PAK PONG ada di depan mataaaaa~ Yihaaaa~ Gue pun kayang sembari telanjang dan melempar helm pink gue yang kemudian jatoh tepat di kepala gue! Menyadarkan kalo gue lagi ngaco sangking girangnya! Oke fix gue lapar tingkat dewa!!! Mendadak rasanya perut gue tak sekedar kroncongan tapi juga goyang dumang dengan hebohnya, alhasil gue berasa belum makan dari Zaman firaun bujangan!

Langsung kami mau nyebrang, ternyata kata tukang parkir kalo mau mesen tempatnya sebelah kiri. Buset kenapa tulisan PAK PONG nya di sebrang yaks? Hahaha Dengan tampang polos ngalahin cimol gue pun manut. Tanpa banyak cingcong gue pun memesan Sate Klathak TERENAK (katanya). Gue pun langsung pesen 1 porsi Sate Klathak, 1 porsi tengkleng (ternyata kosong) gue ganti jadi sate biasa dengan seporsi nasi putih plus es teh. Sementara Hanny cuma pesen 1 porsi Sate Klathak dengan sepiring nasi dan es teh.

Sementara kami menunggu pesanan datang, gue membuka pembicaraan perkara balada perjalanan menuju PAK PONG ini! Gue curhat kalo sebenernya dari tadi takut begal alias garong!!! Sementara Hanny mengaku saat di hutan gelap tadi takut ada kuntilanak glayutan di pohon pantesan bulu ketek gue pada berdiri.. Buseeett masih sempet kepikiran begituan. Gue pikir setelah lebaran otak Hanny udah geser normal ternyata sama aja, peko' nya gak ilang. Tapi itu lah yang bikin gue kangen sama tuh bocah! Hahahaha

Setelah ngalor ngidul ngobrol akhirnya sampe juga pesenan gue. Kami pun langsung membabi buta menyantap makanan tersebut. Gue yang dengan lahapnya makan karena gue suka kambing (sayang bau kambingnya ilang) jadi berasa ada yang kurang kalo kambing gak bau kambing. Walau begitu semua makanan gue habis tanpa sisa kecuali Piring, sendok, garpu dan tusuk sate. Sementara Hanny? Cuma abis 1 tusuk sate yang berakhir dengan mules-mules sesampainya dirumah. Gue pun bingung, kenapa dia begitu ngotot ngajak gue ke Sate Klathak Pak Pong? Padahal gak begitu doyan kambing dan gue juga baru aja nyampe Jogja. ckckckck Subhanallah banget memang yaks kawan awak satu ni.

Kenyaaang~ Poin penting dalam pencarian kali ini adalah perut kenyang dan memang mantaapppsssss
Oh iya, perporsinya murah lho. GUe cuma habis sekitar Rp. 44.000 saja pemirsah karena 1 porsi sate klathak dibandrol seharga Rp. 19.000. Murah bangeeeettt kan? Mahahahaha

Berikut gambar yang berhasil gue dokumentasikan
Orderan

Jatah lambung gue


1 porsi sate klathak adalah 2 tusuk

First time gue ngajak hanny foto

Sekian dulu cerita dari gue yang gak begitu penting ini. Untuk yang doyan kambing kalo ke Jogja monggo di coba yaa :)


Salam,

Kodok

2 komentar:

  1. kayaknya sate klatak pak pong ini enak ya, duh, jdi pengen e mas ....hehehe

    semoga suatu saat ada kesempatan untuk ke jogja lagi deh :) amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak banget. kalo ke jogja kudu banget nyobain. Sayangnya jauh dari kota sih. hehehe

      Hapus