Senin, 22 Juli 2013

GONJANG GANJING TARIF PRANGKO

Assalamu'alaykum semuanyaa 
Selamat siang, malam, pagi, dan galau buat yang lagi baca tulisan ini.

Berhubung dari beberapa minggu yang lalu di Group Post Crossing Indonesia lagi ramai-ramainya ngomongin tarif prangko yang bakalan naik dan malah tarif udah ada yang naik dibeberapa tempat.
Hmm mungkin diantara kalian bakalan ada yang berfikir

"Yaelah gituan doang diributin" atau bahkan menurut kalian ini gak penting, tapi? bagi gue dan postcrosser yang lain itu bener-bener penting loh karena bisa dibayangin kalo tarif jadi 10rb/PC buset dah bisa bisa kami bangkrut gara-gara hobi ini doang.
Gue sendiri tiap kali ke kantor pos gak pernah kurang dari 5 kartu soalnya males kalo cuma sedikit, konon untuk tarif nya jadi 5000 - 7000 - 10.000 untuk golongan I, II, dan III.
Gue selama ini sih 'matok' 5000 untuk semua tarif ke luar negeri karena gue gak punya perangko nominal lain selain 2500 dan 5000, maklum di Tangerang sendiri sangat langka, apa lagi yang namanya kartu pos gue keliling Lippo Karawaci, Summarecon Mall Serpong dan toko buku yang lain nya aja gak ada loh. Paraaahhhh!! Ini bener-bener bakalan terjadi pembantaian masal, demo besar-besaran di Kantor Pos masing-masing daerah, dan gue pun pastinya siap-siap bawa senjata andalan (Baca: Kartu Pos) hehe

Tapi ngomong-ngomong ini beneran loh gue bicara serius, kalo sampe tarif prangko naik, kami bakalan jadi snewen dan paling utama sih banyak banget yang bakalan berhenti ngirim kartu pos.
Oke! Well ini poin-poin PENTING yang harus diketahui oleh siapapun itu yang ngatur tarif prangko, Cekibrot!

DAMPAK NEGATIF DARI KENAIKAN PRANGKO

1. PUNDUNG! Alias postcrosser gak mau lagi kirim kartu pos ke Negara Lain
Seperti yang gue tulis di awal tulisan ini kalo seandainya emang bakalan naik tarifnya pasti aja sebagian besar bakalan pensiun jadi postcrosser, kenapa bisa bilang gitu? Ya karna snewen lah liat tarifnya secara melambung banget kan sampe 2x lipet gitu.

2. NEGARA GAK ADA YANG PROMOSIIN!
Mungkin diantara kalian ada yang gak tau manfaat dari postcrossing ini, sebenarnya selain hobi koleksi stamp (prangko) dan kartu pos, postcrossing ini banyak banget manfaatnya terutama dalam mempromosikan INDONESIA!
Inget! Jangan dianggap remeh! Hal kecil kaya gini ngaruh banget loh sama Negara kita, karena secara gak langsung kita udah memperkenalkan budaya, makanan, tempat wisata yang ada di Indonesia kepada Negara Lain. Gak percaya? Nih yang harus kalian tau, gak jarang orang yang gue kirimi kartu Gunung Bromo atau Lombok berkata

"Wah sebelumnya gue hanya tau Bali bahkan gue belum pernah kesana, setelah tau ternyata banyak sekali tempat yang indah di Indonesia, gue semakin tertarik untuk mengunjunginya"

"Hey iin, sebelumnya gue gak pernah tau dimana itu Indonesia tapi setelah gue membaca cerita dari kamu dan kartu pos yang sangat bagus ini gue jadi ingin sekali kesana"

dan ada lagi yang tertarik dengan Becak, cerita lengkapnya bisa di baca DISINI

3. BERDAMPAK PADA PELANCONG MANCANEGARA
Gak jauh beda dengan nomor 2, seperti yang kita ketahui semakin banyak pelancong dari negara lain semakin banyak pula penghasilan Indonesia. Contohnya Negara Jepang, mereka padahal negaranya udah maju dan banyak pelancong dari Negara lain tapi mereka tetep berusaha agar pelancongnya tetep bertambah dengan cara sekarang konon Visa untuk WNI dipermudah yaa denger-denger sih karena sekarang-sekarang ini pelancong lebih suka ke Korea sana. Hihi tapi gak tau juga deh.

4. BANYAK PENGANGGURAN
Yaa siapa yang tau kan kalo Pak Pos nya jadi gak ada kerjaan terus di PHK?
Kan anterin Kartu Pos juga itu salah satu kerjaan Pak Pos yang suka keliling. Terus juga kalo Prangko nya gak laku gimana? Jangan mikir karna kirim kartu pos gak berbayar terus di sepelein justru itu juga sangat penting buat kemajuan Indonesia loh. Anyway poin penting juga bakalan bisa dirasain para Jomblowers loh, kan nanti jadi gak ada kerjaan lagi para Jomblo selain nulis di kartupos buat dikirim. Untung aja gue Single *Kibas jilbab*

5. BERTAMBAHNYA JOMBLOWERS DI INDONESIA
Heh! Gak ada yang pernah tau kan kalo Postcrossing juga ajang cari Jodoh? Siapa tau pas saling kenal dan ternyata dapet balesan yang baik dengan mengirimkan hadiah terus lama-lama jadi ke Skype terus ketemuan terus nikah? Iya kan? Yaa konon sih banyak yang kaya gitu, gue sih nggak kaya gitu soalnya gue lebih suka produk lokal sih *keselek kolor*

6. ROMANTISME PENDUDUK INDONESIA BERKURANG
Bukan hanya ngasih bunga aja loh yang jadi romantis, kirim kartu pos juga romantis tau nggak!!!
Yaa kan jadi kaya dulu tuh nunggu-nunggu surat dari sang kekasih bener-bener kejutan banget, emang sih sekarang Dunia udah semakin canggih dengan Internet, tapi seriusan nih gue gak bohong kirim-kirim kartu pos itu beneran ROMANTIS!! 

7. BERKURANGNYA RASA DAMAI
Dengan tukeran kartu pos ini bisa jalin persahabatan, terus juga bisa nambah kebahagiaan buat diri sendiri saat nerima tuh kartu pos. Kenapa bisa kaya gitu? Ya karna ada sensasi tersendiri saat nerimanya loh.
Lagian dari situ kita bisa banyak informasi dan temen baru juga, rata-rata sih mereka jarang banget punya facebook / twitter kecuali mereka yang ikutan group postcrosser di FB / Twitter ya.


Oke cukup sekian aja, sebenernya masih banyak banget sih yang mungkin gak gue ketahui tapi hal-hal diatas itu dampak yang berpengaruh besar banget sebenernya yaa kecuali kalian abaikan poin ke-5 ya. Syalalalala~

Ada lagi yang bakalan gue ceritain ke kalian, betapa mirisnya saat ini ketika banyak banget kantor pos yang gak jual kartu pos, bahkan gue baru tau loh sekarang kantor pos malah lebih dikenal dengan tempat pengambilan uang dan hanya paket saja. Kartu pos gak berlaku lagi.
Apalah gunanya Kantor Pos kalo gak bisa kirim Kartu Pos ? Iya kan?
Nothing special deh kantor pos kalo gak ada pengiriman Kartu Pos lagi. *ini serius*
Dan kalo diinget-inget kemarin pas gue dapet kartu pos dari temenku di Jepang itu tarif prangko untuk ke Indonesia cuma 70 sen alias kalo di Rupiahin itu cuma sekitar 7rb loh.
Bayangan! Negara maju dan terbilang serba mahal aja cuma 7ribu masa Indonesia matok mahal banget padahal kita tau kalo gaji di Indonesia itu terbilan standar banget bahkan kurang kan? Tapi untuk hal ginian malah bahal gilak. Beuuuhh udah Kaya Raya kali Indonesia nih.

Segitu aja deh cuap-cuap nya
Semoga bermanfaat buat semuanya yaa

PESAN PENULIS: Jangan pernah meremehkan hal-hal yang menurut anda itu sepele karena bisa jadi hal itu berdampak besar pada kehidupan anda :)

Terima kasih

By: Dindahiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar