Jumat, 20 Juli 2012

Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan buat seluruh umat muslim yang merayakannya J


Umat Islam kini kembali menjalankan ibadah puasa Ramadan. Bulan yang oleh Allah subhanahu wata'ala dihimpun di dalamnya rahmah (kasih sayang), maghfirah (ampunan), dan itqun minan naar(terselamatkan dari api neraka). Bulan Ramadan juga disebut dengan "shahrul Qur'an", bulan diturunkannya Al-Qur'an yang merupakan lentera hidayah ketuhanan yang sangat dibutuhkan umat manusia dalam membedakan mana yang baik dan mana yang buruk serta mana jalan yang benar dan mana jalan yang sesat.

Semoga yang menjalankan puasa bisa diberikan kelancaran, kekuatan melawan hawa nafsu dan diterima amal serta ibadahnya. Aamiin

Nah kali ini gue lagi mau ‘agak’ serius ngepost, maklum saat gue bikin nih postingan gue lagi makan Puasa . hehehe

Jadi gue harus bener-bener hati hati nih ngepost kali ini takutnya salah salah kata kan bisa jadi makruh puasa gue :D

Gue seneng banget kalo bulan puasa kaya gini, gak tau kenapa gue juga yang pasti gue seneeeng banget gak ketulungan senengnya ampe ngalahin kebahagiaan gue saat gue ‘uhuk’ ada yang ngelamar nanti (sok tau beud ye gue? Hahaha ). Daannn gue yakin kalian juga gitu kan ? seneng kan ? HARUS dong, muslim ko’ gak seneng ketemu bulan penuh rahmat n’ berkat gini .

Oh ya gue mau share pengetahuan gue tentang puasa, atau kebiasaan-kebiasaan tentang hari-hari menjalani puasa :D

Cekibrot aja nyook aaahh => yuukk mariii

HAL-HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN SAAT PUASA:

1. Jangan lupa niat

Hal yang paling penting itu ya niat, kalo gak niat ya gimana mau puasa coba kan ?

Dan kalo yang suka tarawih sampe selesai juga suka denger ka nada pemimpin yang mimpin buat puasa gitu ? pasti kan ?

Ada yang belum tau kenapa suka ada niat puasa setelah tarawiihh ?????

YUPSSS… Betull….(padahal gada yang jawab) hehe

Jawabannya itu ya Cuma 1 sih, karna takut besok pagi pas Saur itu kita kesiangan, kalo udah niat kan sah sah aja tuh puasa :D

Banyak banget kan yang suka kesiangan, contohnya gue dan keluarga gue tiap taun pasti adaaa aja tuh acara kesiangan :D

2. Gak boleh kentut dalem air

Pernah denger kan pasti nih larangan yang ini ?

Kenapa orang puasa gak boleh kentut dalem air ? jawabannya simple sih.

Coba bayangin (praktekin juga boleh), ambil botol plastik air mineral yg lengkap ama tutupnya coba bolongin dikit aja tuh botol plastiknya, masukin kedalam ember atau wadah yang ada airnya, nah di dalem ember itu kita pencet aja tuh botol ampe keluar gelembung-gelembung, terus angkat tuh botol dan coba cek, ada airnya apa nggak? PASTI ada.

Terus apa hubungannya sama kentut?

Hubungannya sih ya simple, bayangin kalo kita kentut di air alias pada saat kita lagi berendam atau berenang, otomatis pas angina yang berbau memuakan alias kentut itu keluar kan pasti aja tuh air masuk ke lubang tempat keluarnya kentut. Betul ?

Hehehe

3. Gak boleh bergosip

Nah jujur hayooo siapa yang suka gossip?

Hihihihi

Ini hobi banget cewek deh pasti, cewek kalo ketemu cewek pasti aja tuh adaaaa aja yang di omongin dan pasti aja suka ngerembet ke ngomongin orang . hahaha (pengalaman)

4. Gak boleh berkata kata kasar

KASAR? Keluar batu di mulut? Keluar pasir? Hahaha

Tentu bukan yah, yang di maksud ‘kasar’ ini kata-katanya itu suka asal keluar dari mulut, gak di saring :D

Misalnya marah-marah, semua isi hewan di ragunan keluaarr semua :D

5. Gak boleh makan-minum


Yaealaah yaa masa iya makan n’ minum saat puasa :D

Masih banyak lagi sih sebenernya, oh ya udah pernah denger belum kalo puasa gak boleh ngupil ?


Gue pernah tuh dikasi tau sama guru ngaji gue waktu kecil, Beliau bilang gini

“Puasa gak boleh ngupil, karna kita memasukan jari kedalam lubang dalam tubuh”

Hmmm iya juga sih, nyambung kan ya ?

Makanan aja gak boleh dimasukin ke dalam mulut, lah itu juga gak boleh dong ?

Tapi tapi tapi dalem ati gue juga berfikir, Loh? Kenapa gak boleh? Kan kita gak makan tuh upil? Hahaha iya kan ? siapa yang pernah berfikiran kaya gitu ? :D

Gue sendiri belum paham sih sama yang 1 ini, yang jelas semuanya masuk akal ko’ maklum gue masih awam :p

Hmm cukup sekian postingan kali ini, gue belum bisa cerita banyak tapi insyaAllah kapan-kapan kalo ada waktu luang gue bakalan ngepost lagi disini.

Akhir kata gue ucapin Mohon Maaf Lahir dan Batin khususnya buat gue yang udah pernah nyakitin kalian J

Semoga kita diberikan kelancaran yah J aamiin

Makasih udah sempet baca yah, see you next time!!! *lambai lambai tangan*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar