Minggu, 27 Juli 2014

Kebiasaan Dihari Lebaran

Assalamu'alaikum semuanya, dan selamat siaang :)
Kali ini mumpung lagi ada leptop dan internet gratis akhirnya bisa ngeblog lagi, rutinitas bulan puasa ini gak padet padahal cuma diem aja dirumah karna puasa kali ini jatuh bangun gue mengejarmu sakit karna lagi banyak yang difikirin, tapi kalo dipikir-pikir ya tiap kali ke Tangerang pasti sakit. Gue sendiri heran padahal kalo di Jogja gak pernah yang namanya sakit sampe badan lemes banget kecuali kalo makan mie tiap hari atau nginget kenangan bareng mantan baru bisa sakit. hehehe

Oke lebaran kali ini adalah kali kedua gue gak balik ke Kampung Nenek gue, sebenernya gue kepengen banget balik kampung ketemu sodara-sodara gue secara gue di Tangerang sebatangkara alias cuma bertiga bareng Nyokap Bokap gue doang gak ada sodara 1 pun di Tangerang well akhirnya lebaran kali ini kesepian (lagi) setelah 2 tahun yang lalu nyoba lebaran di Tangerang dan bikin gue kapok gak mau lagi Lebaran di sini.
Ada segelumit masalah dalam keluarga gue yang gue yakin banyak orang yang keadaannya seperti saat ini, maka dari itu sebulan ini gue berusaha buat tegar dan gak mengeluh walaupun sulit banget rasanya karna mengingat gue gak bisa lebaran bareng Emak (nenek gue).


Tahun ini juga pertama kalinya gue mengais status PENGANGGURAN! Yup! Pengangguran setelah sekian lama gue menjadi karyawan selepas lulus SMA di Tangerang, gak kerasa juga ternyata udah 1 tahun gue menjadi pengangguran dan mencoba menjadi pedagang di dunia online. Alhamdulillah dengan status gue yang pengangguran ini gue merasa bersyukur karna tetep gak ngerepotin orang tua gue walaupun belum bisa ngasih duit kepada mereka seperti tahun-tahun sebelumnya. Kalo diinget-inget dalam setahun ini gue jauh lebih 'miskin' alias keuangan gue gak se-stabil dulu saat gue masih jadi karyawan tapi hati gue selalu damai dan bahagia terbukti dalam 1 tahun ini gue gak pernah sakit sampe masuk rumah sakit atau klinik terdekat, berbeda dengan keadaan saat dulu gue kerja hampir setiap bulan gue sakit dan minum obat dari Dokter.

Oh ya Lebaran kali ini juga pertama kalinya gue sama sekali gak bisa ngasih duit ke sodara-sodara gue yang kecil karna duit gue ludes buat bayar kuliah gue di UMY, cuma ada sisa duaratusribu doangan di ATM gue. Gak perlu dibayangin betapa kerenya gue saat ini karna gue fikir masih banyak orang di luar sana yang mikir 'besok apa yang dimakan?' ketimbang 'besok pake baju lebaran apa?'. Posisi gue saat ini bener-bener bikin gue terpukul dan membakar semangat gue kembali jangan sampe lebaran tahun depan gue se-kere lebaran kali ini, gue harus lebih baik lagi dan bisa ngebahagiain semua keluarga dan sodara gue bahkan orang yang membutuhkan. Gue harus lebih rajin lagi dari tahun kemarin dan gak boleh banyak mengeluh terutama melupakan 'kesenangan' dulu biar kesenangan itu ada di angan-angan aja.

Sebenernya kali ini gue mau cerita apa aja sih yang ada dalam keluarga gue saat lebaran? dan kebiasaan-kebiasaan gue saat menjelang lebaran sampe lebaran tiba? 

1. Bikin Kue


Walau pun kue bikinan gue gak se-enak yang dijual di toko-toko kue mahal tapi kue bikinan gue selalu menjadi favorite di keluarga gue saat semua orang kumpul di rumah Emak. Jadi karna Nyokap gue anak bungsu maka Nyokap gue kalo pulang kampung baliknya kerumah Emak alhasil semua keluarga dari mulai Anak, Menantu, Cucu, Cicitnya Emak pasti kumpul di rumah Emak.
Nah Kue yang biasa gue bikin gak jauh-jauh dari kue nastar atau castangel semacemnya dan cake atau bolu kukus gitu adalah menu yang paling gue andalkan karna bikinnya gak se-sulit mempertahankan hubungan. Hehehe

 Bolu panggang messes alakadarnya

 Cake Tape Fresh From the Oven

 Castangle hati gak se-remuk hati sendiri

Pai Buah Fresh From the Oven

Jadi makanan-makanan itu lah yang sering gue bikin buat lebaran, walaupun bentuknya gak menarik tapi rasanya enak kok. Hehehe
Sayangnya lebaran kali ini di rumah Emak gak bakalan ada menu-menu itu :')

2. Kue Khas Kampung

Nah selain kue buatan gue, keluarga gue juga punya makanan khas bahkan bukan di keluarga gue aja sih sebenernya, sekampung juga pasti bakalan bikin kue-kue ini karna kuenya khas banget di kampung Emak gue kalo lebaran.

Kue kerucut ini namanya Koci, ada yang belum tau makanan ini? Nah kalo yang belum tau gue kasih tau ya. hehe
Koci ini asalnya sih dari Indramayu atau sekitaran Cirebon lah, maklum 1 kampung itu Transmigran dari Cirebon jaman 'baheula' nya mah, jadi walaupun Emak tinggal di Sobang, Panimbang - Banten pun bukan asli Banten melainkan 1 kampung itu berasal dari Cirebon jadi wajar kalo Koci ini selalu menjadi menu wajib saat Lebaran.
Koci ini ada beberapa rasa loh, ada ketan putih, ketan item bahkan ada yang terbuat dari Labu Kuning loh. nah untuk isinya itu ada yang kelapa atau kacang hijau. Rasanya manis ^_^ Mau nyoba?

Nah kalo yang ini namanya Rengginang, menurut gue makanan ini lebih familiar daripada koci tadi karna makanan ini adalah makanan khas Sunda. Rengginang ini juga ada banyak banget rasanya, mulai dari original alias ketan putih aja rasa asin, ada juga yang ketan hitam manis dan sedikit asin, rasa terasi, manis, dan lain-lain kecuali rasa rindu mantan yah. Hahaha

Oh ya sumber foto poin kedua ini dari Google karna gue ga punya fotonya jadi searching di Google :D

3. Anti Ketupat

Keluarga gue atau bahkan 1 kampung rasanya gak pernah ada kalo lebaran masak ketupat kecuali ada salah satu keluarga yang kerja di Jakarta berniat bikin ketupat biar terlihat 'kota' gitu. Nih ketupat dari Google. hehe


Nah pada dasarnya di Sobang (bukan Subang), di Kampung Emak gue itu kalo bikin ketupat itu adanya saat 'Sedekah Bumi' atau kalo udah mau mulai tanem padi, itu pun gak cuma ketupat gitu doang melainkan Lepeut dengan berbagai bentuk. Kalo 'Sedekah Bumi' pasti semua warga pada bikin Lepeut deh, ada juga yang namanya TangTang Angin yang bentuknya segi tiga dibuat dari daun bambu. 
Nah ini lepeut spiral hasil searching dari Google



Kalo berikut ini lepeut biasa alias lepeut pocong kali yah namanya. hehe
Di dalemnya ada kacang-kacangan gitu sama seperti lepeut spiral, kalo gue sih sukanya yang polosan aja gak mau ada kacangnya. 


Hasil gambar dari Google lagi yaa pemirsah karna gak ada fotonya euy gue nya :D

4. Anti Opor


Di keluarga gue sepertinya ga ada yang punya opor euy kalo lebaran, disamping gak ada ketupat juga gak ada opor. Salah satu alasannya sih di keluarga gue gak terlalu suka masakan bersantan, banyak orang yang ngasih makanan opor gitu cuma pasti kuahnya dibuang. gue mah suka mules kalo makanan bersanten pisan gitu walaupun gak langsung mules sih tapi pasti nanti perut bermasalah alias cacing perut langsung demo mendadak.

5. Meriam Bambu

Meriam bambu ini paling seru nih, tapi sekarang sih udah gak terlalu musim kayak dulu pas gue masih kecil.
Sekarang banyak petasan yang mahal jadi meriam bambu udah kalah pamor. Padahal meriam bambu ini serunya pake banget. Apa lagi kalo pake karbit pisang beuuuhhh suaranyaaa mengglegar sampe bambunya pecah. Hahaha

Sekian kebiasaan Lebaran yang gue alamin di rumah Emak. Masih banyak sih sebenernya tapi udah kebanyakan euy tulisannya.
Semua itu kenangan semata yang In Sya Allah tahun depan bakalan kumpul lagi bareng keluarga saat lebaran. Tapi sebenernya Lebaran kali ini juga gue balik sih tapi pas H+2 alias udah sepi banget karna di kampung Emak mah ramenya menjelang lebaran dan lebaran hari H nya. Huhuhu
Sabaarrr sabaarrr

Jangan pernah lewatkan kesempatan kumpul bareng keluarga yaa kalo menurut gue mah, selagi bisa mah kumpul aja ^_^

Salam,
@Dindahin 

Tangerang, 27 Juli 2014
Di dalam rumah yang sepi bergratiskan WIFI. hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar