Kamis, 21 Februari 2013

Tips Kuliah Sambil Kerja

Assalamu'alaikum semuanyaaaa....
kali ini aku bakalan bagiin tips buat kalian yang kerja sambil kuliah, walaupun tips nya kadang mungkin emang agak ngawur dan sesat tapi it's ok lah yaaa :p

Well.. aku gak bakalan banyak basa basi dan langsung aja mau bagi tips nya nih kan kebetulan aku kerja sambil kuliah juga, eh salah maksudnya kuliah sambil kerja (yaelah ndah ampun deeeh sama aja kali mau dibolak dibalik juga) eh? emang iya ya ? hehehe

Alasan aku bikin nih postingan soalnya banyak banget yang nanya "kuliah sambil kerja emang gak capek ndah?" | "duh gimana ya cari waktu yang pas tuh susah ndah" | "takut gak keotakan nih nantinya" dan masih banyak lagi berbagai pertanyaan mereka dari yang wajar sampe yang gak wajar.. hahaha


Dan jawaban aku rasanya kerja sambil kuliah itu....
Pertama, capek sih emang tapiiii ini kebutuhan duniawi jadi harus bisa dicapai..
Dua, pusing kadang kalo lagi UTS/UAS tiba-tiba di tempat kerjaan lagi banyak yang harus dikerjain dan semuanya deadline . it's so damn! begete loh.
Ketiga, orang yang kerja sambil kuliah atau sebaliknya itu dikelas kami selalu ngasih nama "OSIS" alias OTAK SISA... ha ha ha

Nahh ini penjabarannya buat yang udah bertanya-tanya dari tadi...

Tips-tips kuliah sambil kerja / kerja sambil kuliah :

1. Pertama dan paling utama cari Universitas atau kampus yang bisa disesuaikan dengan jam kerja kita, misalnya nih kalo aku kan kerjanya emang tiap pagi sampe malem (jam 6/stengah 7) nah kita harus cari yang minimal itu jam 7 masuknya, kalo aku sih masuk kuliah jam stengah 7 malem jadi mau gak mau stiap hari harus lari-lari dari turun angkot menuju kampus dan harus naik tangga ke lantai 5 demi waktu yang tepat. hahaha lumayan bikin sehat walaupun badan jadi kurus kering.

Nah buat kalian yang bernasib sama seperti aku gini nih yang mepet banget ke jam masuk, cari aja kampus yang paling deket sama kantor atau tempat kerja jadi biar gak terlalu telat laah..
atau buat kalian yang jam kerjanya ganti ganti alias kena shift gitu ya cari aja kampus yang ada 2 shift juga. atau bisa juga sabtu minggu aja kuliahnya. yang penting kan judulnya kuliah :D


2. Cari kampus yang toleransi bagi si mahasiswa/i GEDE BANGET, hahaha
jadi kalo misalnya kalian telaaatttt atau ngumpulin tugas juga telaat ngampus masih bisa di maklum tuh sama Dosennya, biasanya sih universitas yang kaya gini tuh yang suka ada program buat orang-orang yang sambil kerja gitu (biasanya) tapi kalo menurut pengalaman pribadi aku sih yaaa balik lagi ke Dosen masing masing mata kuliah yaaa.. ada yang baik ada juga yang jutek abeeesss gak mau ngertiin, secara di kelas aku gak 100% orang sambil kerja sih.

Solusinya buat yang 1 ini cuma ada satu cara nih, harus 'deketin' Dosen nya.
eiiittsss deketin bukan berarti pacaran yaa, maksudnya yaa sok sok akrab gitu deeh nanya-nanya dikelas atau aktif pas mata kuliah dia, misalnya kalo ada presentasi gitu kita harus aktif nanya dan aktif berbicara di depan, atau pas ngumpulin tugas kita selalu on time, bahkan kalo misalnya Dosennya nanya "ada yang mau ditanyakan?" nah kesempatan kalian tuh buat nanya. biar si Dosen juga kenal kita sebagai mahasiswa yang aktif yang harus dia tolong dalam hal kehadiran atau tugas. biasanya sih Dosen suka gak perlu mikir lagi kalo kita telat ngumpulin tugas karna beliau pasti nge-maklum. BIASANYA loh yaaa :))

3. Kendala waktu buat ngerjain tugas.
Nih buat kalian yang selalu bilang
"waaah nanti kalo kuliah terus tugasnya gak bisa dikerjain gimana? kan gak ada waktu"

Okesip alesannya emang masuk akal sih, kendala waktu yang sempit. tapiiii kalo gak ada niat emang gak bakal ada jalan sih.
Aku prinsipnya gini, 3 tahun aku nunggu nunggu banget yang namanya kuliah, secara aku mau kuliah pake uang sendiri itu butuh waktu 3 tahun dulu karna aku juga lagi ngelunasin cicilan rumah dan Alhamdulillah 2-3 bulan lagi rumah ini milik saya. hehehe

Solusinya itu gini, sedikit sedikit lama lama menjadi bukit, pepatah klasik yang juga berhubungan sama tugas kalian.
JANGAN PERNAH MENYEPELEKAN TUGAS , banyak banget mahasiswa/i yang suka bilang atau berfikir "yaelah tugas gini doang besok sembari kerja, main, atau bahkan sembari ngupil juga bisa dikerjain"
JANGAN!!! JANGAN!!! JANGAN PERNAH BILANG KAYA GITU. pokoknya DILARANG KERAS ngomong atau berfikiran kaya gitu karna nanti kalo dikumpulin tugasnya sebenernya malah makin numpuk loh.
sebisa mungkin pulang kuliah jangan dulu langsung tidur, kerjain tugas dulu paling cuma 1-2 jam lah bikin makalah, atau ngitung ngitung kalkulus apa lagi kalo baru dijelasin kan baru anget-angetnya tuh, langsung aja kalian kerjain. setiap malem harus kaya gitu, tegesin dalem hati atau bahkan tulis di kertas + ditempel di tembok itu kata "SAY NO TO MALES NGERJAIN TUGAS" 
Biasanya kan tugas itu selalu dikumpulin tiap ada jam mata kuliah kan? itu artinya masih ada sabtu minggu juga kaaannn?
NAH!!! sabtu minggu itu usahain buat ngerapihin semua tugas kalian, jadi misalnya makalah baru nemu materi doang, giliran kalian susun serapih mungkin makalah kalian itu. gak boleh ada alasan apapun misalnya kalian selalu alesan dalem hati "ah nanti dulu, ini dulu itu dulu bla bla bla" ampe gak jadi ngerjain. itu juga salah satu penyebab KEHANCURAN TUGAS
cukup paham kan ya ? kalo udah paham usahain kerjakan atau terapin dalam hidup kalian .
hehehe
INGAT, SELALU ADA 'ALASAN' DARI KATA 'KEMALASAN' so, jangan pernah beralasan apapun buat gak ngerjain tugas :D

4. Kalo capek gimana mau ngerjain pas balik kuliah ? badan aja udah remek loh..

Nah!! ini problem banget kalo udah gini, yang namanya tugas tetep tugas, gak boleh ada kata males.
kalo aku yaaa mentok mentok kalo ada UTS/UAS tapi tugas juga numpuk, yaa tips tips agak gak bener sih nih, kalian kudu ngerjain di kantor, kalo gak deadline mah yaa kerjain dulu aja tugas kalian dikantor dan agak singkirkan dulu kerjaan kalian dikantor tapi inget kalo misalnya kudu dikerjain yaa mau gak mau kalian harus ngebut. pinter pinter kalian bagi waktu aja deh pokoknya.
aku aja bisa kok ngerjain tugas kelompok walaupun faktanya selalu aku yang ngerjain.

Intinya aku gak suka sama orang yang gak ada mikirnya sama sekali pas ada tugas kelompok, padahal kadang mereka itu gak kerja loh tapi malesnya minta ampun. nah yang kaya begini nih yang bikin aku kadang putus asa sendiri. hahaha
tapi tetep gak boleh sampe gak ngerjain loh, walaupun gedek sama temen sklompok tapi tugas tetaplah tugas dan gak boleh sampe gak ngumpulin.


5. eeeemmmhhh apa lagi ya kira kira ? udah sih kalo menurut aku cuma segitu.
kalo kendala istirahat yaa sebisa kamu aja, kamu sabtu minggu usahain buat ngerjain tugas dirumah juga kan itu sama aja dengan istirahat. kalo aku sih buat ngilangin penat selama seminggu pasti aja sabtu/minggu itu sempetin buat main sama temen-temen nah itu kaya gitu lumayan buat ngilangin stress juga loh .
kadang kita juga butuh bersosialisasi juga kan ?

kalo ke-lima tips itu gak mannjur juga yaaaa berarti derita lo kali ya tepatnya.
hahaha

Intinya kita jangan banyak ngeluh apalagi kalian yang cowok cowok tuh harusnya malu karna menurut aku ya "gak ada cowok yang rajin ngeluh, karna gak ada cowok yang kerjaannya ngeluh" .
maaf aku agak alergi sih sama cowok yang tukang ngeluh.
hahaha
Aku agak kejam soalnya sama cowok yang kaya gitu, contohnya banyak banget cowok yang suka dengan seenak jidat minta titip absen gitu, padahal jelas jelas dia cuma alesan males ketemu Dosen. HELL-oooo aku capek capek lari dari depan gapura ke kampus + naik tangga ke lantai 5 demi masuk + isi absen doang, anda seenak jidat titip absen dengan alasan kaya gitu ? OH God!!! NO WAY!!! begete deh sama cowok yang kaya gitu. cowok macam apa itu kelakuan gak bertanggung jawab kaya gitu ?
Sama kewajiban yang sebenernya sepele kaya gitu aja masih belum bisa ngelaksanain apa lagi pas punya istri, apa bisa tuh tanggung jawab kalo caranya kaya gitu ?
hahahaha
Duh jadi ngoceh ini nih aku.
yaudah pokoknya itu aja sih intinya.

GAK BOLEH MALES!!!
catet tuh di otak :p

Udah dulu yah cuap cuap nya, nanti kapan kapan disambung lagi atau bahkan ta kasih tips yang lain deh.
keburu ngantuk nih :o

Sayonaraaa panaaasssss.... haha

Wassalam...

@dindahiin

27 komentar:

  1. siippppp.... kbtulan aku kerja smbil kuliah(sabtu minggu)
    emankk sihhh yg blum bisa di atur wktunya yaitu ngerjain tugass.. kpan ngerjain tugas kpan main.. tpi kbnykAN MAIN sihh...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah beda yaa, kalo aku sih sabtu minggu buat ngerjain tugas/main/sosialisasi.
      Semangat aja, jangan kebanyakan main nanti nyesel loh, hidup cuma sekali manfaatin sebaik baiknya :p

      Hapus
  2. Wah,. Tipe Universitas yang nerima mahasiswa sambil kerja apa ya ? .. PGRI kah ? .. UT kah ? .. or ? ..

    Artikel Anda bagus. tingkatkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kok, BSI, Muhammadiyah, PGRI juga.
      Jangan dilihat dari bagusnya universitas, lebih baik kita jai manusia yang bermutu dari universitas biasa biasa aja itu lebih hebat. hehe
      semangat

      Hapus
  3. Assalamualaikum, izin bertanya ni klo kuliah sambil kerja itu, dalam 1minggu frekuensi untuk masuk kuliahnya itu berapa kali y? karena pekerjaan saya bkn termasuk pekerjaan yg setiap malam bisa pulang kerumah, atau setiap selesai kerja saya bisa pulang kerumah, mohon solusinya mba.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam
      Maaf baru bales karna lagi sibuk persiapan UTS.
      Aku di Muhammadiyah Tangerang kuliah seperti biasa dari senin - jum'at tapi smester 2 cuma sampe kamis kadang jum'at ada tambahan.

      Coba tanya ke universitas yang deket" situ deh, cari yang ada 2 shift alias yang bisa pindah kelas jadi semisal malem gak bisa masuk diganti ikut kelas yang siang.
      di muhammadiyah ada kelas gitu.

      Hapus
  4. kita persis banget ya posisinya (dalam blog diatas) :D
    thank's, akhirnya terluapkan juga.

    BalasHapus
  5. mba dinda ini anak tunggal yah??? TAPIII UDAH BISA mandiri wawwww , , aku aja ank tunggal msih ngegantungin diri sama orng tua --'

    BalasHapus
  6. Mba kalau gak salah di UMT itu ada kelas khusus ya ?gimana tuh tlong di jelasin,mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru baca komennya, ada kelas khusus gimana ya maksudnya?
      Setau aku di UMT untuk jurusan ekonomi ada juga tuh yang bisa masuk siang atau malem jadi kalo kerjanya di pabrik / mall gitu kan ada shift masih bisa di rolling.
      Nah kalo aku masuk yang malem (kelas reguler), ada lagi yang hari minggu dari pagi sampe sore jam 6an.

      Hapus
  7. mba saya udah kuliah semester 1 tapi saya udah terlanjur ikut organisasi tapi saya mau kerja gmna mba solusinya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat buka blog.
      Cari kerjaan yang part time mungkin?
      Atau kalo kerjanya di kantoran kan bisa tuh sabtu minggu libur, tapi memang setiap organisasi kan punya jadwalnya masing masing. tinggal dikondisikan aja.
      aku semenjak kerja udah stop organisasi sih, lebih fokus ke pengembangan diri dari luar kampus :)

      Hapus
  8. Mba dinda di UMT FIKIP ada sabtu/minggu gak? Saya baru mau daftar, tapi saya sambil kerja di pabrik (di shift) hehe.. Mhon dibls ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ada yang Minggu.
      sabtu minggu Ga Ada kaka.
      Kalo shift susah yang reguler mah kecuali kelas ekonomi Ada siang Ada pagi.

      Hapus
  9. Hai salam kenal ya. Rencananya saya mau ngambil manajemen di umt untuk thn depan, saya bekerja dan sistemnya shift gitu. Masih bingung sih mau ngambil kelas di weekend atau di weekdays (reguler) aja. Kalo boleh tau kelas reguler yg bisa shift gitu jadwalnya dr jam berapa sampe jam berapa ya? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku taunya yang bisa shift itu akuntansi, kalo management gak tau deh coba tanyaken lagi ke kaprodi nya.
      Kalo weekend adanya hari minggu aja.
      Malam dari stengah 7 sampe jam 10

      Hapus
  10. Nice Info jangan lupa kunjungi http://jasakonsultanskripsisurabaya.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  11. ka maaf sebelum nya sya baru mau masuk di UMT jurusan akuntansi , emg beneran ada ya kelas pagi dri jam 8-11?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya taunya ada yang kelas Reguler aja Neng. Ga tau jam nya. hehe

      Hapus
  12. keren tulisannya sangat menginspirasi terutama masalah tugas kuliah selalu ada alasan dari kata kemalasan :D

    BalasHapus
  13. saya lulusan SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ),saya jurusan TKJ kurang mendalami bgt... saya ingin kerja sambil kuliah tapi pengennya kuliah ngambil REGULER tapi saya bingung mau ngambil jurusan apah yang bagus apah yahh teknik INDUSTRI atau apah yahh :( tolong dong pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua jurusan bagus gan, tinggal pilih mana yang disukain. Hehe
      Kuliah susah kalo salah jurusan (pengalaman)

      Hapus
  14. Kalau kerjaan sistem shift 4hari kerja 1hari libur.jadi sisten rolling.
    Itu adakah yg sistem kuliahnya bisa pagi atau malem? Yg bisa ngikutin jadwal shift kita?

    BalasHapus
  15. Mbak kalau di unis bisa kuliah shift gak ya, akk kerja shif nih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sebaiknya coba tanyakan ke Kampusnya aja, soalnya saya ngga kuliah di UNIS, Mba.

      Hapus