Jumat, 06 Oktober 2017

[Kulineran] Filosofi Kopi - Jogja

Allooohaaaa... Assalamualaikum semuanyaa...
Mau absen dulu nih, siapa yang suka kopi angkat tangaaannnn???
Gue suka banget soalnya sama Kopi, walaupun sekarang lagi berusaha mengurangi karna gak bagus juga buat tubuh gue.

Oh iya, siapa yang udah nonton Film Filosofi Kopi? Kalo gue sih emang udah ngikutin dari Novelnya Mbak Dee ya (sok kenal).
Gue inget banget tuh cerita di Novelnya, awalnya gue kira beneran ada Kopi Tiwus ternyata eh ternyata cuma cerita doang. Yaa emang sih, di dunia ini mana ada yang Sempurna yakan? Termasuk Kopi, nyari di manapun yang namanya kopi pasti punya ciri khas tersendiri.

Minggu lalu gue gak dengaja diajak Jannah buat ke Filosofi Kopi Caffe yang ada di Jogja, tepatnya di sekitar jalan Palagan. Padahal kami berdua baru balik dari Kopi Klotok yang ada di 'atas' cuma gak tau kenapa tiba-tiba Jannah ngajak ke Filsof, tanpa ba-bi-bu gue juga meng-iya-kan karna memang gue sendiri belum pernah ke sana.


Gue lumayan kaget ternyata antriannya mledak juga, padahal tempatnya agak di dalem gitu, dan pas banget malam senin tapi tetep aja rame. Usut punya usut sih emang ramenya kalo malem aja, sore gak terlalu mledak banget. 

Sebelumnya Filsof ini udah ada di Jakarta buat tempat Syuting film-nya ya, gue juga gak nyangka bakalan ada beneran tuh Caffe kirain cuma untuk keperluan syuting. Gak disangka malah buka cabang di Jogja yang akhirnya gue jadi mikir apakah ini udah settingan? Bisa jadi kan sebelum dibikin Film nya ada pengusaha yang pengen buka Caffe filsof ini dan sengaja biar 'mledak' duluan kemudian buka Caffe biar pada penasaran. Bisa jadi, yakan? Kalo pun benar, gue sangat salut sih bisa kepikir sampe sejauh ini dan SUKSES.


Tempatnya pun memang didekor sama foto-foto pemain film filsof ini gais, semi nuansa kuno dengan pendopo yang lumayan besar. Sayangnya gue gak sempet foto penampakan dari depan karna keburu mati pas mau foto, kapan-kapan kalo gue kesini lagi bakalan gue foto lebih lengkapnya sekaligus ngeksis kali ya (bukan gue banget).

Oh iya, gue lupa cerita ya sedikit informasi buat kalian yang belum pernah datang ke filsof Jogja ini. Jadi di sini kalo mau pesen antri dulu, setelah antri nanti pesen apa dan langsung dibayar. Kalo udah bayar tinggal tunggu nama dipanggil sama baristanya, saran gue sih ya kasih aja nama yang unik gitu biar ngeuh kalo dipanggil soalnya kalo namanya pasaran ntar malah ketuker sama orang lain jangan sampe kejadian memalukan menghampiri. Hahaha

Naahh, sekarang tiba dicerita menu yang gue pesen. Kali ini karena gue emang penasaran sama Kopi Tiwus jadi gue langsung tanpa ba-bi-bu pesen Kopi Tiwus. Sebelumnya, seperti yang kita tau Kopi Tiwus ini Kopi yang diadaptasi dari ceritanya ya, gue juga gak ngerti ini asalnya dari mana karna beneran ini dari cerita fiktif.

Kopi Tiwus dengan manual brew V60 Hot yang gue pilih dengan harapan gak terlalu asam karena gue lagi gak pengen Kipi Asam. Sengaja memang gak gue pakein Gula karna bakalan ngilangin rasa aslinya (menurut gue sih gitu).
Sebelum panjang lebar, nih gue kasih tau penampakannya walaupun gak bakalan beda ya bentuknya karna namanya juga Kopi udah pasti item cair.

 Tiwus V60
Nilai untuk Kopi Tiwus ini menurut gue 7/10 , gak tau kenapa kurang cocok ya di lidah gue soalnya gak ada yang ditonjolkan dari rasanya ini. Ntah, semacam hambar aja gitu. Cuma memang untuk yang gak suka pahit dan asamnya kopi, menurut gue ini cocok banget sih dan pasti bakalan suka. Gue kurang tau ya ini kalo ditambahin gula bakalan strong ke asam atau malah manis belum nyobain, next time kalo ke sana lagi bakalan gue suruh temen buat beli Tiwus dan tambahin gula. Hehehe (ogah rugi).


 Lestari V60 Ice
Nah, Kopi Lestari ini diusung dari nama penulisnya yaitu Mbak Dee Lestari. Menurut gue kopinya ini lebih berasa alias lebih ada 'rasanya' sih ketimbang tiwus, kalo gue suruh milih antara Lestari atau Tiwus gue milih Lestari dengan Brew Vietnam Drip, mungkin?
Nilai buat Kopi Lestari ini gue kasih 7,5/10 karna lumayan lah daripada si Kopi Tiwusnya. Buat kalian yang ke filsof gue saranin buat nyoba Kopi andalannya yakni si Tiwus, Lestari dan Perfecto.


Mejeng jangan lupa

Foto ini gue ambil di ruangan sebelah kiri dari kasir, bernuansa Pirates gitu deh dengan sedikit sentuhan properti ala ala. Tempatnya lumayan terang kalo malam hari, tapi sebenernya gue lebih milih di luar karna lebih berasa aja gitu nongkrongnya. Berhubung kemarin gak ada tempat di luar jadi gue pilih di sini aja yang gak terlalu rame.

Ada beberapa menu makanan juga di Filsof ini yang lupa gue gak foto karna emang sebenernya gue tipe orang yang gak terlalu fokus di foto alias malah ribut pengen cobain ketimbang foto-foto. Kemarin gue beli friend fries lumayan banyak sih di wadahin ember kecil gitu.

Udah dulu review kali ini ya. Selamat baca di episode kopi selanjutnya.

See Ya!

Salam,
Kodok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar