Jumat, 01 Januari 2016

Makanan Khas Indonesia : Rendang

Hallo hallo selamat liburan menjelang UAS semuanyaa, gue sendiri lagi UAS tapi gak pernah belajar. Iyaaa kodok lagi males belajar dan gak pernah belajar. Oke abaikan saja!

Kali ini gue bakalan ngulik-ngulik perkara rendang yang jadi masakan TERENAK SE-DUNIA, WOW! Gilak ini emejing banget menurut gue. Gue bangga banget masakan Indonesia termasuk masakan terenak se-DUNIA. Nah berhubung gue juga suka banget sama yang namanya rendang kali ini gue bakalan kasih tau asal usul rendang serta rendang terenak yang pernah gue makan. Hehehe

Buat lo yang gak tau rendang gue bakalan kasih tau apa sih rendang itu, sejenis makanan ikan kah? Pakan ayam? Atau sejenis mantan yang di rebus selama berjam-jam? Cuss baca aja dulu, tapi keterlaluan banget gak sih kalo orang Indonesia nggak tau rendang?

Rendang itu masakan daging yang agak pedes, dengan bumbu yang super banyak plus rempah-rempah aseli Indonesia. Secara yekan Indonesia itu gudangnya rempah. Nah si Rendang ini dimasak berulang-ulang dengan rebusan santan kelapa. Lama bener dah masaknya berjam-jam yaa kira kira sekitar 4 jam lah pokoknya sampe kering dan berwarna item ekat. Si rendang ini tahan hingga berminggu-minggu lho. 

Si Rendang ini berkeliaran di Rumah Makan Padang, nah lo tau sendiri Rumah Makan Padang di mana aja ada, Rendang ini berasal dari Minangkabau gais. Yaealah~
Nah selain di Indonesia, Negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei, Filipina, Singapura dan Thailand juga terkenal loh. Hitz lah kalo kata anak jaman sekarang mah.

Oh iya seperti yang udah gue bilang tadi, Rendang itu masuk salah satu hidangan TERKENAL di DUNIA. Terbukti pada tahun 2011, Rendang dinobatkan sebaga hidangan PERINGKAT PERTAMA bokkkk dalam daftar Woeld's 50 Most Delicious Foods atau bahasa Indonesia nya mah 50 Hidangan Terlezat Dunia, oleh CNN Internasional. Keren kaannn?

Nah kalo yang belum tau yang namanya Rendang, nih gue kasih penampakannya gais.

From Google

FYI aja ya, ni Rendang karena emang masakan khas, jadi udah pasti ada asal usul nya dari budaya daerah asal muasal Rendang lahir. Apa aja sih? Simak yaa


Nih Rendang punya posisi terhormat loh dalam budaya masyarakat Minangkabau. Ternyata ada filosofi tersendiri buat masyarakat Minang, Sumatera Barat.
Filosofi Rendang:
  • Daging (Daging sapi) : lambang Niniak Mamak (para pemimpin suku adat)
  • Karambia (kelapa) : Lambang Kaum Intelektual
  • Lado (Cabai) Lambang Alim Ulama yang tegas mengajarkan syariat agama
  • Pemasak (bumbu) : lambang dari keseluruhan masyarakat Minangkabau
Pokoknya nih Rendang selalu ada saat Upacara adat di Minangkabau gais.

Anyway ada beberapa jenis rendang loh ternyata, jenisnya adalah
  • Rendang Kering: Ini dimasak berjam-jam biasanya untuk acara Istimewa
  • Rendang Basah: Masaknya singkat, santan belum terlalu kering sempurna. dan keawetannya juga gak lama. Kurang dari satu minggu. Si rendang basah ini dapat lo temuin di seluruh Rumah Makan Padang. Hehe

Naaahh sekarang udah pada tau kan asal muasal Rendang dan jenis-jenisnya. Lalu ada gak sih Rendang terenak yang pernah lo makan?
Kalo gue ada dooong, selain masakan nyokap gue yang enak ternyata gue nemuin Online Shop di Instagram yang jual nih rendang, sumpah ini rendang unik dan enak. Gimana penampakannya? Nih gue kasih biar lo gak penasaran

RENDANG GADIH, Lesatnya, eeemmmhhh dari kunyahan pertamaaaa~

Dari sekian banyak rendang yang gue cobain, ini rendang emang paling juara dan unik. Gue baru tau ada namanya Rendang Tumbuk. Nih gue kasih tau, si Rendang Gadih ini nggak jual daging glojodan alias dagingnya udah di giling halus dan dibentuk bulat-bulat rasanya juga pedas pedas enak dan yang paling penting BIKIN NAGIH bookk. Duh bahaya banget deh buat penggemar rendang seperti gue ini.


Penampakan Rendang

Gue heboh banget dan cerita sama temen-temen gue kalo gue nemuin OS (Online Shop) di Instagram yang jual rendang enak ini. Gue sampe gak sempet foto pas lagi makan karena sibuk ngabisin nih rendang. Tapi gue sempet vidio juga sih yang gue pajang di Instagram Jualan gue. Abis enak banget sih, sayang kalo gak banyak orang yang tau nih rendang ajaib.

Ini temen gue yang keenakan makan rendang


Pipoy vs Rendang Tumbuk

Ameng malah langsung makan dari wadah

Jadi nih rendang emang enak banget dimakan pake apa aja, apa lagi nasi anget-anget gitu duuhh nikmatnya sampe ke ubun-ubun gais.
Gue paling suka dicampur dengan mie goreng, dan nasi goreng. Ueeenaaakk POLL...

Rendang bersama Nasi Goreng

Punya Pipoy

Nah menurut gue pribadi, buat lo yang kaga doyan sama daging lebih baik lo cobain nih rendang karena dagingnya ini poll banget tapi tercover sama rempahnya yang melimpah. Rendang dengan rempah yang melimpah menjadikan rasa rendang yang uueeennaaakkk tiada tara, bau daging udah gak begitu terasa karena si rempah. Penasaran kan pengen nyobain Rendang Tumbuk nya Gadih?

Buat lo yang kepengen icip-icip lo langsung aja ceki ceki di Instagram @Rendang.Gadih di sana lo bakalan liat banyak banget foto rendang yang menggoda iman. Hahaha
Kalo lo gak punya Instagram, coba aja lo hubungi owner nya di 0822-836-1600 (Bisa SMS / WhatsApp)

Oh iya nih rendang udah Go Internasional juga lhoo sangking enaknya, cek aja di Instagram kalo kaga percaya. Buat lo yang suka rendang kudu banget nyobain nih rendang biar tau rasa rendang rumbuk kayak gimana.

sekian dulu yak bahas rendang nya, jadi laper lagi kan gue. Hahaha

Terima kasih udah baca postingan kodok.

Salam Kodok
Muaacchhhh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar