Sabtu, 27 Juni 2015

Kodok Belajar Statika (STATIKA GAMPANG)

Cuaca panas terik kayak gini emang enaknya minum es kelapa di tengah sawah (Jauh amat) dengan menikmati semilir angin yang menghempas kedudung. Astagfirullah ternyata gue lagi puasa, keinginan tersebut pun pupus sudah.

Yaudah daripada ngayal yang enggak-enggak mendingan bahas bagaimana si Kodok belajar STATIKA, setelah kemarin berhasil melewati mata kuliah FISIKA dengan nilai C. Gue gak pernah ngelarang lo berfikir tentang gue yang bodoh ini, gue menyadari kalo gue memang terbiasa baca buku-buku novel inspirasi termasuk buku saku pramuka dan buku panduan paskibra. Tapi ternyata hidup gak seasik itu ketika gue harus membaca rumus demi rumus yang ada dalam buku tentang Fisika sekalipun berjudul FISIKA GAMPANG tetep aja bikin gue stroek mendadak sehabis baca.


Jadi gimana? Enak statikanya, Dok?

Yang perlu kalian ingat, STATIKA ini bukan sebuah makanan yang bisa kalian nilai dengan 'Enak atau nggak' gais, ini adalah salah satu mata kuliah yang mengerikan di Semester ini menurut gue.
Bagi sebagian manusia di muka bumi ini memang matkul ini cuma kelek kelek kuping alias gampang banget. Tapi bagi kodok alias gue? Anjrit ni matkul susahnya ngalahin lomba nyubit tahi lalet Ibu Mega Wati. MENEGANGKAN!


Terus lo gimana dong selama 1 semester ini?

Ya gak gimana gimana sih, gue mencoba buat nelen mentah-mentah tuh statika tapi apa daya, gue malah muntah dan pusing berkelanjutan disertai dengan kejang-kejang tiap liat soal yang Dosen atau Asdos kasih ke gue.
Gue heran, kenapa sebegitu rumitnya tuh rumus ya? Jawabannya cuma 1, karena gue gak suka statika! YES! Gak ngerti gue kenapa gue gak pernah suka sama matkul yang begitu begituan. Apa karena gue memang tipe 'Otak kanan'? Tapi kalo emang kayak gitu kenapa gue mahir di Akuntansi? Kenapa? WHY?

Kemudian gue teringat pepatah dari ntah siapa yang jelas banyak yang bilang kalo "Sukai Dosen mu maka kamu akan mengerti apa yang Ia jelaskan", padahal Dosen Statika begitu menarik perhatian gue, Beliau begitu imut, begitu pintar dan menggemaskan tapi tetep aja gak bisa narik perhatian gue dan bikin gue konsen belajar, sekalinya gue merhatiin naas nya mulut gue selalu berbusa akibat terlalu lama menganga dan terkena debu yang terhempas oleh kipas angin tepat diatas kepala gue. Apa gue yang salah? Apa gue terlalu lebai? Terlalu bodoh? Terlalu pintar? Terlalu sering kentut? Terlalu sering galauin mantan? atau bahkan gue selalu ngaco? KEPARAT! Gue terlalu mengada-ngada. Ntah lah gue pun bingung.

Baca Juga : Kodok Belajar Fisika

1 lagi dari mayora padahal Asdos Statika itu nge-HITZ bingiiittsss gais (yang gak bakal gue sebut namanya karna takut dimintain royalti) , yang katanya seantero Teknik sipil pada kenal tuh Asdos dari angkatan ke angkatan, dari dunia nyata sampe alam ghaib, bahkan sampe dunia dan akhirat pun kenal tuh Asdos tapi tetep aja ntah lah otak gue ini emang gak suka Statika.
Setiap kali Asdos itu nerangin di depan kelas, dengan mata nanar gue menatap dan mendengarkan kata demi kata yang ia lontarkan ke semua mahasiswa/i yang berada di kelas tetep aja gue malah seperti mendengarkan orang Thailand ngomong alias gue gak ngerti sama sekali apa yang dia omongin atau bahkan terlihat mengerikan seperti sedang menawarkan gue produk MLM atau pun Asuransi. Gue pun sesekali manggut tanda mengerti padahal otak gue ntah lagi mikirin apa, gue udah coba mengerti tapi tetep gak bisa. Apakah gue gak berjodoh dengan Asdos matakuliah ini? Kalo udah kayak gini gue pengen banget telanjang sembari nari jaipong berpura-pura kesupuran hantu yang berada di kampus. Seiously!


Terus lo dapet apaan selama 1 semester ini, Dok?


Oke gais, gue emang gak pernah mengerti apa yang dibilang Dosen maupun Asdos tapi lo harus tau kalo gue akhirnya bisa menyelesaikan tugas Praktikum gue hanya dengan 1 minggu. Amazing bangeeettssss.... Disaat kebanyakan orang udah berapa kali revisi, dan bahkan udah ada yang di Acc gue malah baru ngerjain. Gue pun grasak grusuk seperti orang yang nyari aer ketika boker udah kelar tapi air mati. gue mencoba ngerjain sampe minta tolong sana sini gimana tuh rumus bisa cucok yang akhirnya gue ngerti gimana caranya ngerjain tuh soal. YES! Dengan terkentut kentut gue pun lompat kegirangan saat laporan gue di Acc yeah!
Asdos praktikum gue yang bernama Farid Kurniawan telah lolos uji kesabaran menghadapi mahasiswi seperti gue yang super malas ini atau gue curiga kalo Dia udah gak tahan ngasdosin mahasiswi macem gue sehingga laporan gue di Acc. Ntah walau seperti itu gue malah yakin Statika gue pasti dibawah B tapi gapapa yang penting gue gak dapet D, gue takut bukan karna nilai gue yang jelek dan diomelin nyokap tapi gue stress karna mikirin tambahan biaya bayaran yang harus gue bayar kalo sampe gue harus ngulangin tuh statika. Subhanallah *Pray for Kodok*


Jadi lo yang paling parah di kelas? atau bahkan diantara 1 angkatan?

Eiitsss... Gak gitu juga, walaupun gue merasa kalo gue paling telat dan super malas ternyata masih banyak yang lebih parah dari gue. Gak usah jauh-jauh bandingin sama kelas sebelah, si Sasya temen deket gue di UMY pun sama kacaunya malah lebih paraaahhhh. Tapi gue gak mau di bandingin sama dia lah malah tambah kacau nanti gue, soalnya idup dia emang bener-bener nyantai. Gue curiga waktu nyokapnya hamil si Sasya, nyokapnya keseringan main di pantai.... SELOW banget brooo.... Hahaha Sorry syaa kalo baca nih postingan. Tapi lo tetep debeeesss banget kok sama si Kampret Hanny juga walau mereka sama kacaunya tapi masih mending si Hanny walaupun kadang dia suka bertingkah laku aneh tapi otaknya kadang encer banget walaupun kudu emosi dulu kalo lagi ngomong ama dia. Hahaha *Digetok Hanny*

 Hanny si manusia aneh

Sasya, manusia super santai sedunia

Walaupun gue baru pertama kali nemuin makhluk hidup kayak mereka berdua, tapi gue bersyukur ternyata Allah ngasih kesempatan gue buat ngebuka mata gue kalo ada manusia semacem mereka di muka bumi ini.
Yang paling debes memang tetep si Hanny, dia gak pernah bikin emosi. Gak seperti si Sasya, dia sering banget bikin gue emosi, bukan apa-apa sih masalahnya gara-gara dia sering bikin emosi gue jadi terlihat tua padahal tadinya muka gue masih seperti mereka. cenghar mun ceuk sunda mah kitu. Tapi apa daya, muka gue sekarang sudah terlihat seumuran gue. Saat ini gue cuma bisa tabah menghadapi kenyataan pahit ini. Cieeee

Udah dulu lah curhatan gue kali ini karena gue harus nyiapin buka bersama berhubung hari ini gue lagi ngadain acara Open house bareng temen-temen gue. Hehehe

TIPS:
  • Seperti biasa, jangan pernah kayak gue super malas belajar. Kerjain tugas se-segera mungkin ya gais.
  • Buat lo yang mau masuk Teknik Sipil jangan takut, statika bukan matkul yang menegangkan seperti yang gue gambarkan. Itu hanya perasaan gue aja, bisa jadi menurut lo statika itu matkul termudah.
  • Dan buat lo kalo punya otak pas pasan kayak gue juga tetep PD aja bro, masa depan masih semu dan tetep kudu diperjuangin.
  • Buat lo yang masih galau, mendingan ambil jurusan yang lo sukain ya. Biar jalaninnya enak nggak mpot mpotan kayak gue.

SEMANGAT PANTANG MENYERAH......


Salam,
Kodok

1 komentar: