Rabu, 09 Mei 2012

DODOL ISTIMEWA

Assalamu'alaykum all :)

Sebelumnya cerita ini udah ketunda berabad-abad gara-gara gue terlalu sibuk dengan usaha kecil gue, alhasil semuanya jadi berantakan gara-gara terlalu sibuk sampe sampe gue gak makan dan gak jajan gara-gara gak punya duit ngurusin usaha gue yang sempet bikin gue jadi stres berkepanjangan dan hampir males lupa mandi setiap malem. .
Oke! gue kali ini bukan mau bahas masalah kesibukan gue, bukan pula bahas konser nya si Lady Gaga yang terancam batal atau bahkan bahas pernikahan Anang dan Syahrini Ashanty, gue kali ini mau cerita sedikit kenangan dimasa lalu gue.

Gue dan Minul dirumah gue saat liburan
Apaan sih ceritanya???
Ceritanya pas pagi gue baru bangun, nyokap gue bilang kalo ada titipan dari Emak (nenek gue) sontak gue pun langsung senyum senyum sendiri dan ngebayangin kalo ternyata si emak nitipin Kapal pesiar, berlian yang bentuknya lucu kayak si Bena, atau bahkan si emak bawain monas dalam karung ??
*CUKUP* dari pada gue mikir yang aneh aneh gue langsung buka isi plastik dari si emak dan ternyata isinya itu DODOL

YUPS!! dodol beras ketan yang biasa ada di acara pesta pernikahan maupun acarapotong burung sunatan. Gue suka banget sama dodol itu, setiap kali ada yang bikin pesta selalu gue makan tuh dodol, dan gue pun teringat sesuatu..

Sesuatu ?? apaan tuh Dah??

Dulu jaman jamannya gue masih hidup 'susah', diwaktu jamannya Fir'aun pake kolor, kuntilanak pun pake tank top (sekarang udah tobat),
gue sama sodara gue sering maen kerumah temen gue sebutlah dia Katinem (bukan nama sebenarnya),
katiem ini rumahnya di depan rumah gue jadi kalo gue mau maen gue tinggal minta ditendang sama bokapnya sodara gue dan gue pun langsung bisa nyampe di depan rumah si katinem ini (gak usah bayangin) *fiktif belaka*

Disini awal cerita yang mengenaskan sekaligus bikin gue selalu berusaha jadi orang yang selalu ingin maju ngerubah hidup gue sampe keadaan hidup gue mulai merangkak naik, dan menjadikan gue selalu mikir berkali-kali buat berbuat kejam sama orang lain!!

Apaan sih?? duh udah gak usah bertele-tele, cepet cerita!!!

Sabar dong...
Jadi ceritanya dulu waktu gue kecil hampir setiap hari gue maen kerumah temen gue yang bernama katinem tadi (bareng si minul sodara gue), gue selalu ngabisin hari-hari gue dengan bermain di rumahnya dia walaupun nyokap nya si katinem itu gak terlalu suka sama gue dan sodara gue.

Kenapa gak suka dah??

Gue juga kurang paham karna gue dulu gak pernah mikir kenapa orang tuanya katinem gak pernah suka sama gue dan sodara gue mungkin karna kami (gue dan minul) dari keluarga yang gak 'punya', yang pasti gue selalu inget sampe sekarang komuk tuh nenek sihir muka nyokapnya si katinem yang kayak nenek sihir gendut bermuka masem kayak orang yang abis ditagih sama Depkolektor bank dan dengan hiasan bulu ketek yang melambai-lambai semacem daun kelapa kehempas angin dipantai seolah-olah selalu melambai ke gue agar gue maen kerumahnya.

Sampe pas gue lagi nonton TV, nyokap si katinem datang menghamipri kami sambil bawa plastik kresek item dengan bulu ketek yang keliatan dari lengan bajunya yang selalu pendek alias lekton (kelek katon. Baca: ketek keliatan) saat ngulurin tangannya yang bawa plastik item (gue inget banget bentuknya kucel dan berminyak) gue pun seneng karna gue berfikir kalo isinya itu semacam pizza terbuat dari emas atau bahkan berlian yang suka menghebohkan luar negri sana, dan ternyata pas kami buka lo tau isinya apa ??

Apaan dah??

Isinya itu makanan yang mungkin udah berabad-abad lamanya, semacam rengginang makanan khas dari kampung gue (banten, kulon), ada peyek (Baca: bukan iwak peyek), dan lo tau isinya apa ?

apaan emang??

DODOL di acara pesta yang udah gue jelasin di atas tadi, gue seneng banget pas liat ada dodol tapi sayangnya pas gue ambil tuh dodol gue liat dodol itu dihiasin putih putih semacem hiasan dalam kue yang enak enak di Mall-mall gitu tapi sayangnya itu bukan hiasan kembang gula atau gula bubuk yang suka ada di kue donat sebagai bedak, yang gue liat di dodol itu JAMUR !!

ya!!! dodol itu udah jamuran, yang tadinya gue udah antusias banget pengen makan fikiran gue pun hancur, muka gue yang tadinya seperti Sherina Munaf berubah jadi nenek towok alias nenek bulan yang sering diceritain dalam dongeng dari nenek gue.. Disini kami pun dilema, bingung gue harus marah atau sedih.

Disisi lain gue sedih karna gue harus nerima kenyataan pahit?? 'apa kami memang pantas nerima semua ini??' atas ulah si nenek sihir dengan lambaian bulu ketek sebagai ciri khasnya, atau gue harus marah karna dia telah melecehkan kami, gue gak habis fikir apa dia gak pernah mikir kalo sifatnya dia itu udah nyakitin kami berdua??

Dari situ gue mulai-pura pura makan dengan sedikit harapan kalo Allah bakalan ngubah dodol itu jadi sebuah makanan yang enak, disini antara gak enak sama nenek sihir dan laper walaupun ujung-ujungnya tuh dodol gue buang .

Kami pun langsung balik ke rumah, beberapa hari setelah kejadian itu gue gak pernah lagi maen kerumahnya katinem, gue takut sakit hati lagi.
Karna JUJUR ini salah satu kelakuan nenek sihir itu terhadap gue dan sodara gue, hidup gue memang sedikit pahit tapi memberikan banyak pelajaran buat kami berdua terutama buat gue yang selalu bercermin dari masa lalu..

Gue yakin masih banyak diluar sana yang lebih dari gue.
Sampe saat ini gue masih suka sama dodol, yaa SAMPAI SAAT INI!!!
Dodol yang selalu mengingatkan gue pada masa lalu gue yang satu itu..
FYI, keluarga katinem sekarang berbuat baik sama gue dan sodara gue, YAA!!! kehidupannya saat ini jauh dibawah gue, setiap kali gue pulang kampung dia selalu nyuruh gue maen, ntah maksudnya apa dan gue gak pernah dendam sama dia, gue kadang mampir walaupun sebentar dan jujur gue suka netesin air mata setelah maen dari rumah temen gue yang satu itu, Allah gak pernah tidur dan roda kehidupan terus berputar, disini gue harus banyak belajar jangan sampe gue khilaf dengan keadaan saat ini yang sebenarnya belum punya apa-apa selain Allah dan pemberian-Nya yang selalu membuat gue bahagia ..
Semoga jadi pelajaran buat semuanya :)

aamiin

hanks buat elo yang udah sempetin baca postingan gue.
See you next time!!!

2 komentar:

  1. Allah maha bisa membolak-balikkan kehidupan manusia ya ndah..entah itu materi..atau hati. :)

    BalasHapus
  2. dalem kak :D
    iyah yang penting sekarang harus banyak belajar dimasa lalu :)

    BalasHapus